Menara Tinggi Akan Dibangun di Jatigede, Ridwan Kamil: Mirip Eiffel

Muhamad Riza - detikNews
Sabtu, 15 Feb 2020 23:33 WIB
Waduk Jatigede di Sumedang, Jawa Barat sudah rampung proses penggenangannya. Setelah terisi air, pemandangan di waduk ini seperti di Raja Ampat.
Waduk Jatigede (Foto: Dana Aditiasari)
Sumedang -

Gubernur Jabar Ridwan Kamil merencanakan pembangunan menara tinggi yang mirip dengan Menara Eiffel (Paris) di pesisir Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Menara tersebut diharapkan dapat membetot para wisatawan datang ke Waduk Jatigede.

"Kita akan bangun monumen yang tinggi di sekitar wilayah bendungan Jatigede. Ya mirip Menara Eiffel lah, bagus kan untuk selfie dengan latar pemandangan waduk," tutur Emil, sapaannya, saat acara Sapa Warga di Cisema, Desa Pakualam, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (14/2/2020).

Pemprov Jabar, kata dia, mendukung perkembangan wisata Jatigede. Untuk tahun ini, anggaran bantuan akan turun tahap pertama sebanyak Rp 30 miliar. Titik fokusnya di Desa Pakualam dan Desa Karangpakuan.

"Nah baru tahap kedua kita bangun menara tertinggi. Jadi ini (bantuan) bukan final, tapi tahap pertama. Nanti tahun depan kita maksimalkan lagi," ujar Emil.

Menurut Emil, potensi peningkatan ekonomi di Sumedang, khususnya Jatigede, memang harus difokuskan ke sektor wisata. Pemkab Sumedang perlu menata wilayah potensi wisata, terutama di seputar Waduk Jatigede.

"Kami akan dukung sepenuhnya untuk pengembangan wisata Sumedang ini," ucap Emil.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan bantuan keuangan dari Pemprov Jabar nantinya digunakan untuk menata kawasan wisata Jatigede. Antara lain obyek wisata Pasir Cinta atau landasan paralayang, forest walk, dermaga hingga pembangunan floating market, serta pengadaan patroli polisi air udara.

"Semua penataan di kawasan Jatigede ini akan diperbaiki dan dilengkapi secepatnya di tahun ini," ujar Dony.

(bbn/bbn)