9 Warga Jabar Dipulangkan dari Natuna, Ridwan Kamil: Jangan Paranoid

Muhamad Rizal - detikNews
Sabtu, 15 Feb 2020 15:41 WIB
Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Sumedang -

Sebanyak 9 warga Jawa Barat dipulangkan dari Natuna, Kepulauan Riau, usai menjalani proses karantina atau observasi virus Corona (COVID-19). Gubernur Jabar Ridwan Kamil meminta masyarakat Jabar tidak perlu khawatir.

"Sudah diobservasi selama 14 hari berarti tidak ada apa-apa. Diobservasi sehat, ya terima saja dengan baik," kata Emil, sapaannya, usai menyerahkan bantuan Kredit Mesra di wilayah pesisir Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (15/2/2020).

"Jadi warga jangan paranoid, jangan berlebihan. Semua yang sudah diobservasi, mau di RS Hasan Sadikin, di Natuna, intinya kalau sudah dinyatakan sehat mereka adalah warga yang sehat," tutur Emil menambahkan.

Sebanyak 238 warga negara Indonesia dari Wuhan, China, selesai menjalani observasi di Natuna. Mereka diterbangkan ke Halim Perdanakusuma untuk kembali ke daerah asal.

Menurut Emil, Dinkes Jabar telah menjemput sembilan orang itu di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Selain itu, kata dia, Disnaker Jabar telah melakukan kroscek kepada WNA asal China yang bekerja dan tinggal di Jawa Barat.

"Disnaker (Jabar) sudah cek WNA yang bekerja di Jawa Barat, dan memastikan semuanya aman. Tidak ada hal-hal yang perlu dikhawatirkan," ucap Emil.

(bbn/bbn)