Sejuknya Parade Bandung Rumah Bersama

Yudha Maulana - detikNews
Sabtu, 15 Feb 2020 12:34 WIB
Parade Bandung Rumah Bersama
Peserta Parade Bandung Rumah Bersama. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -
Ribuan orang tumpah ruah di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung. Massa yang berasal dari lintas agama itu antusias mengikuti Parade Bandung Rumah Bersama yang dihelat pada Sabtu (15/2/2020).

Acara ini diawali dengan deklarasi Bandung Rumah Bersama yang melibatkan jajaran pemerintahan, forum kerukunan umat beragama, kepolisian dan warga Bandung pada umumnya.

Setelah itu, satu persatu defile dari masing-masing umat beragama unjuk gigi. Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) menampilkan seni beladiri silat dan tongkat oleh ratusan anggotanya.
Sejuknya Parade Bandung Rumah BersamaPenari memeriahkan Parade Bandung Rumah Bersama. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)

Sementara itu, Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Bandung mempertunjukkan seni tari dan pakaian khas Bali. Pemandangan di sekitar Gedung Sate indah berwarna-warni.

Penonton parade pun saling berebut makanan saat Kampung Toleransi Andir membagi-bagikan makanan. Mereka beradu cepat memburu buah-buahan dan makanan dus yang ada di mobil bak terbuka.

Walikota Bandung Oded M Danial mengatakan, Kota Bandung ibarat rumah yang harus dirawat bersama. "Terasnya kita rawat bersama, ruang tamu kita rawat bersama, dengan semangat deklarasi Bandung Rumah Bersama," kata Oded di sela acara.
Sejuknya Parade Bandung Rumah BersamaBarisan bocah main egrang di Parade Bandung Rumah Bersama. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Ia berharap dengan digelarnya acara ini, Kota Bandung akan semakin kondusif, aman dan nyaman. "Saya yakin insyaallah Bandung akan memiliki pembangunan yang besar, kita akan bangun beberapa fly over, lingkungan kita bangun," kata Oded.

"Ini butuh yang namanya kondusif, kita harus punya perasaan bahwa Bandung milik bersama," Oded menambahkan.

(bbn/bbn)