Fokus Bantu Ridwan Kamil, Sekda Jabar Terpilih Ogah Berpolitik Praktis

Mukhlis Dinillah - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 19:13 WIB
Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja
Sekda Jabar terpilih Setiawan Wangsaatmaja (tengah) (Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom)
Bandung -

Sekda Jabar terpilih Setiawan Wangsaatmaja berkomitmen fokus mengakselerasi program-program pemerintah. Ia menegaskan tidak akan tergiur berpolitik praktis selama menjabat.

Setiawan menegaskan memegang kuat Undang-undang ASN dan kode etik ASN untuk tidak terlibat dalam urusan politik praktis. Ia juga akan menjaga integritasnya sebagai pemimpin.

"ASN ini harus benar-benar netral dan itu harus dipegang. Terutama berintegritas," kata Setiawan di Gedung Sate, Bandung, Jumat (14/2/2020).

Dia mengaku patuh terhadap kode etik ASN yang juga melibatkannya saat penyusunan Undang-undang tersebut. Saat itu, ia duduk sebagai Deputi Pemberdayaan ASN Aparatur Kementerian PAN RB.

"Memang dalam azas undang udang ASN dan kode etik kita yang pertama ASN ini harus benar benar netral. Salah satunya kan dalam menyusun itu saya terlibat. Jadi saya sangat ingat betul kalau ASN terlibat dalam politik praktis itu saya setop," ucap dia.

Menurut Setiawan, tugasnya saat ini mengakselerasi program-program gubernur dan wagub Jabar akan bisa berjalan di lapangan. Ia menjadi jembatan koordinasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD).

"Tupoksi sekda sendiri kan membantu kepala daerah penyusunan kebijakan maupun koordinasi administratif untuk OPD. Jadi saya sebagai sekda harus punya peran bagaimana membantu kepala daerah untuk mensinergikan seluruh OPD. Saya fokus itu," ujar Setiawan.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil sudah meminta Setiawan untuk fokus dan tidak terganggu dengan berbagai kepentingan politik yang memunculkan dinamika yang tak perlu.

"Mudah-mudahan fokus saja pada pekerjaan, jangan ada hal-hal yang di luar tupoksi seperti sebelum-sebelumnya. Saya kira itu harus dipahami karena pejabat politik ada 122 orang, 120-nya dewan, dua lagi gubernur dan wagub, di luar itu enggak ada yang bersifat formal sebagai individu politik, termasuk sekda," ujar Emil

Tonton juga Jokowi 'Sentil' Ridwan Kamil Karena TBC di Jabar Tinggi :

[Gambas:Video 20detik]

(mud/bbn)