Ridwan Kamil Lantik Setiawan Wangsaatmaja Sebagai Sekda Jabar Definitif

Mukhlis Dinillah - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 15:51 WIB
Pelantikan Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja
Suasana proses pelantikan Setiawan Wangsaatmaja sebagai Sekda Jabar (Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom)
Bandung -

Gubernur Jabar Ridwan Kamil secara resmi melantik Setiawan Wangsaatmaja sebagai Sekda Jabar definitif. Kang Emil sapaan Ridwan Kamil menitipkan sejumlah tugas berat untuk Setiawan.

Pelantikan ini berlangsung di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (14/2/2020). Penunjukan Sekda Jabar didasarkan kepada Keputusan Presiden Nomor 31/TPA tanggal 30 Januari 2020 tentang pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Pemprov Jabar.

Kang Emil menegaskan proses seleksi sekda Jabar ini sudah melalui prosedur ketat dan kompetitif. Apalagi, sambung dia, keputusan akhir seleksi tersebut berada di tangan presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Artinya semua yang ikut seleksi (sekda Jabar) merupakan orang-orang terbaik. Nah yang terbaik itu sudah dipilih presiden (Jokowi)," kata Kang Emil dalam sambutannya.

Ia memberikan sejumlah tugas untuk Setiawan. Ia meminta Setiawan memastikan pelayanan masyarakat di lingkungan Pemprov Jabar bisa berjalan lancar. Selain itu, akselerasi reformasi birokrasi juga menjadi fokus sekda.

"Tentunya dalam mewujudkan Jabar juara lahir batin, reformasi birokrasi jadi tantangan. Ini yang saya titipkan kepada pak Setiawan," tutur dia.

Sekda Jabar terpilih, sebelumnya sempat berkarir di lingkungan Pemprov Jabar. Terakhir, ia menjabat Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD), sebelum kemudian pada April 2013 diangkat sebagai Deputi Bidang SDM Apararatur Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi.

Setiawan terpilih setelah melalui proses open bidding. Dua kandidat sekda hasil open bidding yang juga diajukan kepada Presiden adalah Dedi Taufik (Kepala Disparbud Provinsi Jawa Barat) dan Yerri Yanuar (Kepala BKD Provinsi Jabar).

Video "Istri Ridwan Kamil Senggol Pidi Baiq soal Milea Asli di Acara Nobar"

[Gambas:Video 20detik]

(mud/mso)