Besok Ada Parade, Jalan Asia Afrika Bandung Ditutup Sementara

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 14:37 WIB
Tentara berjaga dikawasan Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat, Kamis (23/4/2015). Jelang puncak peringatan KAA besok, jalan Asia Afrika dilakukan sterilisasi hanya tentara, polisi, panitia penyenggara dan jurnalis khusus yang bisa berada disana. Agung Pambudhy/Detikcom.
Jalan Asia Afrika Bandung (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Bandung -

Kawasan Jalan Asia Afrika Kota Bandung akan ditutup sementara. Hal ini berkaitan dengan adanya acara festival kebudayaan sepanjang jalan tersebut.

Festival bertajuk 'Parade Bandung Rumah Bersama' ini digagas Pemerintah Kota Bandung. Kegiatan akan berlangsung pada Sabtu 15 Februari 2020 besok.

"Ya jadi memang ada rencana penutupan Jalan Asia Afrika. Karena ada pekan rumah bersama," ucap Kasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Bayu Catur Prabowo saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (14/2/2020).

Bayu mengatakan penutupan akan dilakukan di beberapa ruas jalan sekitar kawasan Asia Afrika. Penutupan akan dimulai dari Jalan Tamblong dan Jalan Asia Afrika. Di Jalan Asia Afrika, penutupan mulai dari perempatan Lembong hingga ke area Cikapundung.

"Untuk di Lembong dan Tamblong itu akan ditutup juga karena mulai diisi oleh peserta pawai. Kemudian masuk Asia Afrika karena panggung utamanya di sana," tuturnya.

"Penutupan dilakukan sepanjang jalannya acara mulai pukul 07.00 sampai 12.00 WIB. Setelah itu dibuka kembali," kata dia menambahkan.

Menurutnya peserta parade kemungkinan besar mencapai ribuan orang. Sebab, setiap kecamatan di Kota Bandung mengirimkan satu perwakilan untuk mengikuti parade tersebut.

"Informasi dari masing-masing kecamatan mengirimkan, satu kecamatan itu ada yang ngirim 500 (orang)," tuturnya.

Sementara itu menyusul penutupan jalan, Satlantas Polrestabes Bandung sudah menyiapkan rangkaian rekayasa lalu lintas. Kendaraan dari arah Jalan Merdeka akan nantinya belok ke Jalan Veteran.

Kemudian kendaraan dari arah Jalan Sumatera, tidak bisa lurus ke Tamblong, kendaraan akan diarahkan belok kiri ke arah Veteran. Sementara itu dari arah Simpang Lima menuju alun-alun Bandung akan diarahkan menuju ke Jalan Lengkong Besar.

(mso/mso)