Warga Ciamis Turun ke Jalan Tuntut Ridwan Saidi Minta Maaf

Dadang Hermansyah - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 12:15 WIB
Warga ciamis aksi ke jalan gegara ridwan saidi
Foto: Dadang Hermansyah
Ciamis -

Berbagai elemen masyarakat Ciamis turun ke jalan melakukan aksi kepedulian di Alun-alun Ciamis, Jumat (14/2/2020), menyikapi ucapan budayawan Betawi, Ridwan Saidi, yang menyebut tidak ada Kerajaan Galuh di Ciamis. Galuh juga disebut Ridwan Saidi memiliki arti brutal.

Budayawan, kabuyutan, organisasi masyarakat, suporter sepakbola balad Galuhmelakukan orasi mimbar bebas. Bahkan aksi ini dihadiri langsung oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dan Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra.

Massa meminta Ridwan Saidi datang ke Ciamis untuk membuktikan ucapannya. Galuh yang diartikan brutal oleh Ridwan Saidi telah menyinggung masyarakat Ciamis. Massa juga melakukan penandatanganan pernyataan sikap dalam spanduk putih.

"Kita merasa tidak nyaman dengan ucapan Ridwan Saidi. Kenapa harus memakai bahasa Galuh itu brutal. Lalu menurut referensi Armenia, Armenia yang mana? itu juga tidak disebutkan, tidak jelas," ujar perwakilan aksi, Andi Ali Fikri.

Warga Ciamis Turun ke Jalan Tuntut Ridwan Saidi Minta MaafFoto: Dadang Hermansyah


Menurutnya jika Ridwan Saidi seorang budayawan dan intelektual, harusnya membuka ruang edukasi bagi masyarakat. Tidak harus membuat kegaduhan dengan ucapan yang sangat menyinggung warga Tatar Galuh.

"Sampaikan dengan benar kalau dia ada kepedulian. Kalau seperti ini akan membuat masyarakat gaduh dan tidak kondusif. Karena segala sesuatunya kita sudah melekat Ciamis dan Galuh. Datang ke ciamis jelaskan," tegas dia.


Andi meminta Ridwan Saidi minta maaf kepada warga Ciamis bila ucapannya tidak benar. Jika tidak ada klarifikasi dan permintaan maaf maka pihaknya akan melaporkan ke kepolisian.

Sementara itu, Budayawan Ciamis, Aip Syaripudin sebagai warga Ciamis ia akan terus bergerak selama tuntutan dalam kesepakatan di Universitas Galuh pada Kamis (13/2/2020) tak dipenuhi oleh Ridwan Saidi.

"Karena ini bukan masalah sepele tapi serius, mengangkut harga diri. Beliau harus minta maaf ke masyarakat Tatar Galuh," ujar Aip.

Tonton juga video Polemik 'Galuh Brutal', Warga-Tokoh Minta Ridwan Saidi Sambangi Ciamis:

[Gambas:Video 20detik]

(ern/ern)