Jabar Hari Ini: Udin Pencabul ABG Ditangkap-Balita Digigit Ular Tewas

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 20:31 WIB
Pelaku Pencabulan ABG Bandung
Pelaku pencabulan ABG di Bandung (Foto: Wisma Putra/detikcom)

Sidang Perdana Kasus Akumobil

Enam orang bos PT Aku Digital Indonesia (Akumobil) menjalani sidang perdana. Keenamnya didakwa melakukan penipuan dengan menjual kendaraan murah.

Hal itu terungkap saat jaksa dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandung membacakan surat dakwaan dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Kamis (13/2/2020).

Dalam sidang itu, enam orang tersangka yakni Bryan John Satya (Direktur Utama), Nurul Husni Farid (Direktur Operasional), Alief Al Yasyien (Direktur Administrasi dan Keuangan), Firman Rakhman (Direktur Operasional Marketing Unit), Ridwan Sadewa (Direktur Divisi Motor dan General) dan Muhammad Idris (Direktur HRD dan Legal) dihadirkan dalam persidangan.

"Terdakwa sebagai yang melakukan, menyuruh melakukan atau turut serta melakukan dengan maksud menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum dengan tipu muslihat ataupun serangkaian kebohongan," ucap jaksa Kejati Bandung Melur Kimaharandika saat membacakan dakwaan.

Dalam dakwaannya, jaksa Kejari Bandung menyebut para bos Akumobil ini telah melanggar Pasal 378 Jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP Juncto Pasal 64 ayat 1 KUHP. Pasal ini berkaitan dengan penipuan. Sementara dalam dakwaan kedua, enam terdakwa 372 Jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP Juncto Pasal 64 ayat 1 KUHP.

Melur mengatakan Bryan dan lima orang bos Akumobil lainnya melakukan penipuan terhadap ribuan konsumen. Tercatat ada 2.557 konsumen untuk pembelian mobil dan 887 konsumen untuk pembelian motor yang sudah membayar uang senilai antara Rp 50 juta sampai Rp 60 juta dalam program flash sale Akumobil.

"Dari jumlah tersebut, dana keseluruhan yang masuk senilai Rp 128 miliar. Dari total konsumen yang terdaftar, ada 271 konsumen yang telah menerima unit mobil dan ada 156 konsumen yang telah menerima unit kendaraan sepeda motor," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4