Sebut Galuh Brutal, Ridwan Saidi Juga Bilang Tak Ada Kerajaan di Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 18:11 WIB
Warga Ciamis memperlihatkan cuplikan video Ridwan Saidi dalam sebuah chanel youtube
Warga Ciamis perlihatkan cuplikan video Ridwan Saidi di YouTube (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Budayawan Betawi Ridwan Saidi kembali menjadi sorotan. Setelah sebelumnya sempat menyebut Sriwijaya dan Tarumanegara adalah kerajaan fiktif, kini dia menyinggung sejarah kerajaan di Ciamis.

Dalam video di sebuah akun YouTube Macan Idealis, Ridwan membuat beberapa pernyataan yang membuat warga Ciamis bereaksi. Mulai dari menyebut Galuh artinya brutal hingga menyatakan bila di Ciamis itu tidak ada kerajaan.

Video berdurasi 12 menit 31 detik dengan judul 'GEGEER !! TERNYATA KERAJAAN KERAJAAN DI INDONESIA SANGAT DITAKUTI DI DUNIA' itu Ridwan Saidi bersama Vasco Ruseimy tengah berbincang mengenai sejarah Indonesia yang diunggah 12 Februari 2020.

Vasco awalnya menanyakan kepada Ridwan Saidi terkait hubungan antara Sunda dan Jawa. Bahkan kata Vasco di Jawa Barat tidak ada jalan bernama Hayam Wuruk, Gajah Mada.

"Sejarah orang-orang Sunda orang Jawa bilang, ada ketidak cocokan antara Sunda dan Jawa ini terjadi sampai kan di wilayah Jawa Barat ini tidak ada nama Jalan Hayam Wuruk, Jalan Gajah Mada. Ini ada semacam ketidak cocokan," tanya Vasco.

Mendapat pertanyaan itu, Ridwan mencoba memberi penjelasan mengenai sejarah terkait kerajaan di Ciamis. Dia menilai di Ciamis itu tidak ada kerajaan. Pasalnya, kata Ridwan, salah satu indikator adanya sebuah kerajaan bisa terlihat dari perekonomian.

"Saya mohon maaf dengan saudara dari Ciamis. Di Ciamis itu nggak ada kerajaan, karena indikator eksistensi kerajaan itu adalah indikator ekonomi, Ciamis penghasilannya apa? Pelabuhannya kan di selatan bukan pelabuhan niaga, sama dengan pelabuhan kita di Teluk Bayur, bagaimana membiayai kerajaan," ucap Ridwan

Tonton juga Bus di Ciamis Terjun ke Kolam Ikan Hindari Tabrakan :

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2