Pria Sukabumi Belanja Sabu dari Hasil 'Petik' Motor

Syahdan Alamsyah - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 16:04 WIB
Pencuri Motor di Sukabumi
Pelaku pencurian sepeda motor. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi -

Polisi membekuk dua kelompok pelaku pencurian sepeda motor di Sukabumi Utara. Barang bukti berupa 13 unit motor hasil curian dipajang polisi di area parkir Mapolres Sukabumi. Pelaku berjumlah lima orang.

Pengakuan polos diutarakan Saepul Pajri (50). Ia berperan 'pemetik' motor. Motor curiannya ia jual ke Ateng Suryadi (47), selaku penadah. Uang hasil penjualan itu dipakai Sapul untuk membeli narkoba jenis sabu.

"Uang jualannya kau pakai buat apa, enggak mungkin kamu pakai buat makan. Kamu pakai apa, nyabu, kamu nyabu juga? Untuk beli narkoba?" tanya Waka Polres Sukabumi Kompol Sigit Rahayudi, Kamis (13/2/2020).

"Waktu itu saya pakai buat nyabu pak, pakai narkoba," kata Saepul menganggukkan kepala.

Dalam sehari, Saepul mengaku bisa mencuri satu unit sepeda motor. Ia biasa beraksi di tempat-tempat parkiran umum, hanya dalam beberapa menit beraksi motor target bisa ia ambil.

"Sehari satu pak saya 'metik', lalu saya jual ke Ateng (penadah)," ucap Saepul.

Dari total lima pelaku, tiga diantaranya berperan sebagai penadah. "Jadi dua ini berstatus residivis, mereka melakukan aksinya di wilayah hukum kita. Kelompok Metik kita amankan awal Februari ini, kemudian tidak lama pada tanggal 11 Februari kita amankan Epul. Dari masing-masing pemetik punya penadah sendiri, kita tangkap juga," tutur Sigit.

Video Polisi Tangkap Pengedar Sabu yang Dikendalikan dari Lapas Cilegon :

[Gambas:Video 20detik]

(sya/bbn)