Pemkab Cirebon Tanggung Biaya Perawatan Bocah yang Tewas Digigit Ular Weling

Sudirman Wamad - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 16:00 WIB
Balita di cirebon meninggal digigit ular
Foto: Sudirman Wamad
Cirebon -

Adila (4), bocah perempuan asal Kabupaten Cirebon, meninggal karena digigit ular weling atau Bungarus candidus. Sebelum meninggal, Adila sempat koma selama lima hari di RSD Gunung Jati Kota Cirebon.

Adila terlahir dari keluarga yang kurang mampu. Orang tuanya, Mukim (27) dan Rusmiyati (24) tak memiliki kartu Badan Penyelanggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Saat dirawat, Adila tercatat sebagai pasien umum.

Rusmiyati berharap Pemkab Cirebon bisa menanggung biaya pengobatan dan perawatan anaknya. "Iya enggak punya BPJS. Ya semoga ada bantuan dari Pemkab Cirebon, semoga bisa pakai surat keterangan tidak mampu (SKTM)," kata Rusmiyati kepada awak media, Kamis (13/2/2020).


Sejak Sabtu (8/2) hingga Rabu (12/2) kemarin, Adila koma. Bisa ular weling menyebar ke tubuh mungilnya. Adila menghembuskan nafas terakhirnya sekitar pukul 20.30 WIB kemarin.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon Enny Suhaeni mengatakan siap menanggung biaya pengobatan dan perawatan bocah perempuan asal Pamengkang itu. Enny mengaku sudah berkoordinasi dengan bupati dan Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Cirebon.

"Pihak desa dan camat sudah menyampaikan ke kami. Terkait pembiayaannya kita siap menanggung, sepenuhnya. Ya sudah ACC untuk pembayarannya oleh pemkab," ucap Enny.

Video Usai Koma 5 Hari, Balita yang Digigit Ular Weling Meninggal :

[Gambas:Video 20detik]

(ern/ern)