Round-up

Tagar #UnsubscribePersib Malah Bikin Subscriber Persib Melonjak

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 12 Feb 2020 08:37 WIB
persib bandung bobotoh twitter persib vs barito putera
Jumlah subscriber sempat menurun hingga 500 ribuan jelang pertandingan, namun kembali melonjak/Foto: screenshot Twitter
Jakarta -

Tagar #UnsubscribePersib berseliweran di jagat maya jelang laga Persib Bandung versus Barito Putera, Selasa (12/2/2020). Usut punya usut, tagar itu merupakan bentuk protes bobotoh pada pengelola akun Persib di Twitter.

Peristiwa ini berawal dari cuitan pemilik akun @BloodLast yang bertanya apakah laga ujicoba antara Persib dan Barito Putera ditayangkan via live streaming di saluran Youtube Persib.

"Live streaming di saluran Youtube persib tv t min ? (Live streaming di saluran Youtube Persib TV enggak min?' tulis pemilik akun tersebut.

Pertanyaan itu pun dibalas oleh akun resmi Persib, @persib dengan memberikan syarat khusus bagi bobotoh.

'Punten, sementara belum ada rencana. Tapi kalau besok jam 9 pagi subscriber YouTube PERSIB nembus 700k, bisa saja Live Streaming kita siapin'


Sontak, jawaban itu memancing berbagai reaksi dari bobotoh. Bobotoh pun mulai menulis tagar #UnsubscribePersib, seraya beberapa menunjukkan video berhenti berlangganan Youtube Persib TV.

Sebelumnya, tokoh bobotoh, Eko Maung menyebut jika pengelola akun Twitter Persib norak dan berpotensi mencoreng nama baik klub.

"Persib itu klub terhormat, masa adminnya seolah mengemis seperti itu, kalau admin ingin banyak pengikut, ya kerja yang benar. Mau yang follow 100 atau 100 ribu ya tayangkan saja, karena dia kerjanya memang seperti itu," ucap Eko melanjutkan.

Padahal menurutnya pada laga ujicoba kontra Melaka United, Persib TV mendapatkan lebib dari 1 juta tayangan. "Padahal itu hal yang luar biasa, orang kang subscribe karena kontennya berkualitas dan perlu," kata Eko yang juga mengisi konten Youtube itu.


Setidaknya, efek #UnsubscribePersib ini sedikit berpengaruh ke penjualan tiket di stadion. Dari 15 ribu tiket yang disediakan, hanya terjual 4.200 tiket. Hal itu, terlihat juga dari lengangnya tribun utara dan selatan.

"Mungkin lebih ke hari kerja ya, jadinya penjualan tiket landai," kata Koordinator Umum Panpel Persib Budhi Bram Rachman.

Walau pada akhirnya, Persib TV tetap melakukan live streaming laga Persib vs Barito. Pantauan detikcom hari ini (12/2), jumlah subscriber Persib TV pun melonjak ke angka 704 ribu subscriber.

Jumlah itu melonjak tajam, sejak sehari sebelumnya yang baru mencapai 604 ribu subscriber. Artinya ancaman dengan tagar #UnsubscribePersib gagal karena saking cintanya bobotoh pada Persib.

Detikcom pun mencoba mengonfirmasi kepada Direktur Persib Teddy Tjahjono dan Komisaris Persib Kuswara S Taryono terkait aksi protes bobotoh ini. Namun, belum ada respon apapun baik melalui telepon maupun pesan singkat.

Setidaknya kekecewaan bobotoh terobati, sebab Persib bisa menaklukkan Barito Putera 2-1 dalam laga bertajuk persahabatan itu.

Simak juga video Persib Bandung Resmi Gaet Zulham Zamrun:

[Gambas:Video 20detik]

(ern/ern)