Ridwan Kamil Tegaskan Terima-Tolak WNI Eks ISIS Tunggu Pusat

Mukhlis Dinillah - detikNews
Minggu, 09 Feb 2020 19:31 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
(Foto: Herdi Alif Al Hikam/detikcom)
Bandung -

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menegaskan pemulangan WNI eks ISIS ke Indonesia merupakan kewenangan pemerintah pusat. Menurutnya pemerintah daerah hanya bertugas mengamankan kebijakan tersebut.

"Pemulangan eks WNI itu domain pemerintah pusat, jika pun disetujui, daerah hanya mengamankan kebijakan yang sudah digariskan oleh pusat," kata Kang Emil, di Bandung, Minggu (9/2/2020).

Kang Emil menyebut hingga saat ini pemerintah pusat belum memutuskan sikap terkait pemulangan WNI eks kombatan ISIS tersebut. Pihaknya masih menunggu arahan pemerintah pusat.

"Sekali lagi kalau ada WNI di luar negeri itu keputusannya bukan di pemerintah daerah tapi keputusan pusat, jika (keputusannya) tidak dipulangkan, kami mendukung sepenuhnya, namun jika dipulangkan, maka kami di daerah harus siap" tegasnya.

Jika kemudian pemerintah pusat memutuskan memulangkan WNI eks ISIS, maka menurut Kang Emil, ideologi mereka harus kembali sesuai dengan ideologi Pancasila, dan memperoleh clearance bahwa mereka telah bersih dari paham dan ideologi radikal menurut ukuran BNPT.

"Ini penting agar mereka tidak mengganggu tataran NKRI dan Pancasila di daerah asal mereka," tutur dia.

Diakuinya sempat terjadi kesalahpahaman di masyarakat terkait pernyataanya menyikapi wacana kepulangan WNI esk ISIS. Hal itu terjadi karena sebagian masyarakat hanya menyimpulkan berdasarkan judul berita di media massa.

Tonton juga Soal WNI Eks ISIS, Ketua Wantim MUI: Kewajiban Pemerintah Melindungi :

[Gambas:Video 20detik]

(mud/ern)