Ridwan Kamil Posting Before-After Citarum, Seperti Ini Kondisi di Lapangan

Wisma Putra - detikNews
Sabtu, 08 Feb 2020 17:39 WIB
Postingan Ridwan Kamil soal sungai citarum
Foto: Instagram Ridwan Kamil
Kabupaten Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memposting kondisi terkini Sungai Citarum di Instagram miliknya. Sabtu (8/2/2020), detikcom mengeceknya langsung. Apa benar sesuai yang diposting?

Dalam postingan terbarunya, Jumat (7/2) kemarin, Instagram @ridwankamil memposting sembilan foto perkembangan rehabilitasi Sungai Citarum dan suasana pertemuan bersama Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan.

"Rehabilitasi Sungai Citarum selama 2 tahun yang dilaporkan Satgas Citarum Harum kepada Menko Maritim dan Investasi. Sungai Citarum sempat dijuluki sungai terkotor di dunia. Kita harus buktikan bahwa bersama kita mampu menjaga lingkungan," tulis Ridwan Kamil dalam postingannya.

Orang nomor satu di Jawa Barat ini menunjukkan perubahan Sungai Citarum before-after, selama dua tahun terakhir, dari Tahun 2018-2020.

"Foto kiri adalah kondisi awal 2018 (before). Foto kanan adalah kondisi awal 2020 (after). Kerja keras tim, Kodam III Siliwangi, Polda Jabar, Kejati Jabar dll, komunitas, mahasiswa KKN dan masyarakat sangatlah terasa dan terlihat," sambung postingan tersebut.

[Gambas:Instagram]


"Kondisi hari ini naik 1 tingkat, dari kualitas air dengan status cemar berat tahun 2018, menjadi cemar sedang di awal 2020. tahun depan harus bisa cemar ringan, dan akhirnya menjernih di tahun 2023," terang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil mengajak masyarakat Jabar untuk tidak membuang sampah ke aliran Sungai Citarum.

"Mari semua jangan ada lagi buang sampah dan limbah ke sungai, selain mencemari air juga menyebabkan banjir. Jika kita bersungguh-sungguh maka selalu ada jalan. Kita jaga alam, maka alam akan jaga kita," tambah Emil dalam postinganya.

detikcom, Sabtu (8/2/2020), langsung mengecek ke sungai yang berada di Kabupaten Bandung. Bagaimana hasilnya?

Simak video Banjir Akibat Luapan Citarum, Akses Jalan Dayeuhkolot-Baleendah Putus!:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3