Diguyur Hujan, Kawasan Rancaekek Terendam Banjir

Muhamad Rizal - detikNews
Sabtu, 08 Feb 2020 00:41 WIB
Banjir Rancaekek
Banjir di Rancaekek. (Foto: Muhamad Rizal/detikcom)
Sumedang -

Banjir kembali merendam kawasan Rancaekek atau tepatnya di kawasan industri, Jalan Raya Bandung-Garut, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Hujan deras mengguyur kawasan tersebut.

Laju kendaraan terhambat akibat genangan air. Salah seorang warga, Yeti (40) mengatakan, meski drainase sudah dibersihkan dan diperdalam, tetap saja kawasan tersebut masih terendam.

"Padahal selokan sudah diperbaiki dan diperdalam, tapi masih saja tetap banjir," kata Yeti ditemui warung miliknya, Jalan Raya Rancaekek, Kabupaten, Sumedang, Jumat (7/2/2020) malam.

Setiap kali turun hujan, ia selalu memantau keluar rumah untuk melihat genangan air. Ia khawatir genangan tersebut masuk ke dalam rumahnya.

"Jika hujan, penglihatan itu cuman fokus ke air, karena ditakutkan masuk ke dalam rumah. Untuk aktivitas pun susah, jika ada keperluan terpaksa basah kuyup," katanya.

Alif (21), warga lainnya, mengungkapkan bahwa belum lama ini saluran air yang baru diperbaiki itu tidak berpengaruh sama sekali terhadap permasalahan banjir. "Diperbaiki bukannya mengatasi banjirnya. Malah kata tetap sama saja, tetap banjir," ucap Alif.

Banjir kerap terjadi ketika hujan turun. Aif menilai ada posisi positif dan negatifnya untuk warga setempat. Namun banjir yang berkelanjutan ini membuat warga kesulitan beraktivitas.

Warga berharap pemerintah segera mengatasi permasalahan banjir di kawasan Rancaekek ini. "Ya mudah mudahan ada solusinya buat mengatasi banjir ini," kata Bagja, warga setempat.

(bbn/bbn)