Sengketa Jabatan Sekda, Pemkot Bandung Menang di Tingkat Banding

Wisma Putra - detikNews
Jumat, 07 Feb 2020 22:52 WIB
Pemkot Bandung Menang di Tingkat Banding
Kabag Hukum Setda Pemkot Bandung Bambang Suhari memperlihatkan salinan putusan PTUN Jakarta. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Bandung -

Pemkot Bandung memenangkan perkara sengketa jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung di tingkat banding. Putusan Pengadilan Tata Usaha Negeri (PTUN) Jakarta ini membatalkan putusan PTUN Bandung yang memenangkan gugatan Benny Bachtiar. Gugatan yang diajukan Benny ke PTUN Bandung itu dinilai kedaluwarsa.

PTUN Jakarta melalui salinan perkara nomor 333/B/2019/P.TUN JKT pada 27 Januari 2020 telah memutuskan menerima permohonan banding dari Pemkot Bandung. Kemudian membatalkan putusan PTUN Bandung yang sebelumnya membatalkan Surat Wali kota Bandung tentang pengangkatan Ema Sumarna sebagai Sekda Kota Bandung.

"Gugatan pak Benny kedaluwarsa merujuk kepada UU Nomor 30 Tahun 2014 Pasal 77 ayat 1 tentang Administrasi Pemerintahan. Keberatan itu disampaikan 21 hari sesudah keputusan terbit," kata Kabag Hukum Setda Pemkot Bandung Bambang Suhari di Balaikota Bandung, Jumat (7/2/2020).

Bambang telah menerima salinan putusan PTUN Jakarta pada 3 Februari 2020. Selanjutnya, pihaknya akan terus memonitor terkait kelanjutan perkara tersebut dan berharap putusan saat ini final dan tidak terdapat gugatan dilakukan kembali.

"Kami berharap ini final, menurut UU tentang PTUN, upaya hukum masih bisa dilakukan. Kami siap apabila ada upaya hukum yang dilakukan penggugat," ujar Bambang.

Selanjutnya
Halaman
1 2