Jaga Resapan Air Kota Bandung, Ribuan Pohon Ditanam di Cibiru

Wisma Putra - detikNews
Jumat, 07 Feb 2020 18:36 WIB
Wakil Wali Kota Bandung yana mulyana tanam pohon
Foto: Wisma Putra
Bandung -

Ribuan pohon ditanam di kawasan Cisurupan, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung. Penanaman pohon ini dilakukan untuk menjaga wilayah resapan air yang ada di kawasan pegunungan.

Pantau detikcom, Jumat (7/2/2020), ribuan batang pohon beragam jenis ditanam di kawasan Bukit Mbah Garut yang berada di Kelurahan Cisurupan, Kecamatan Cibiru.

Secara simbolis, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana langsung menanam sebatang pohon durian montong. Usai menancapkan, lalu mengubur dan menyiram pohon tersebut, Yana langsung memanjatkan doa.

"Bismillahirrahmanirrahim, cing jadi, cing buahan," kata Yana.

Tak hanya Yana, Dansektor 22 Citarum Harum, Kepala DKP3 Kota Bandung, Kepala DPU Kota Bandung, serta unsur Kelurahan Cisurupan dan Kecamatan Cibiru juga sama-sama melakukan penanaman.

Yana mengatakan penanaman 2.500 pohon ini dilakukan untuk penghijauan dan mengembalikan lahan dengan menanam pohon produktif. "Penataan kawasan ini mudah-mudahan bisa menghijaukan dengan pohon-pohon produktif. Durian, mangga, jeruk dan lainnya. Intinya ini penghijauan," ujarnya.

Ia juga berharap penanaman pohon ini bisa memperbanyak wilayah resapan air. "Memperbanyak tempat resapan air di hulu. Sehingga mudah-mudahan, ke hilir semakin sedikit mengalir," ujarnya.

Selain melakukan penanaman, pihaknya juga akan melakukan penataan dengan membuat taman. "Ini saya pikir kita akan kembangan wisatanya juga, persis seperti Cisurupan dan ada wisata trek sepeda dan fungsinya bisa bertambah," tambahnya.

(ern/ern)