Percantik Stasiun Jatibarang, PT KAI Berencana Bangun Monumen Soekarno

Sudirman Wamad - detikNews
Jumat, 07 Feb 2020 15:06 WIB
Tugu Soekarno di Stasiun Jatibarang Indramayu
Tugu Soekarno di Stasiun Jatibarang Indramayu (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Indramayu -

Stasiun Jatibarang di Kabupaten Indramayu merupakan salah satu warisan sejarah. Presiden pertama Indonesia Soekarno sempat menyambangi stasiun Jatibarang. Hal itu dibuktikan dengan adanya tugu kecil dari kayu yang berada di sekitar stasiun. Tugu tersebut dikenal sebagai Tugu Soekarno.

Dalam catatan PT KAI, tugu berbahan kayu jati merupakan tempat di mana Presiden Soekarno berpidato di depan pasukan pembela tanah air (PETA). Sayangnya, tugu bersejarah ini tak terawat. PT KAI berencana untuk membangun dan mempercantik tugu tersebut.

"Pak Dirut (Edi Sumoro) sudah berjanji akan membangun monumen Soekarno," kata Plt Bupati Indramayu Taufik Hidayat usai peresmian penataan Stasiun Jatibarang, Jumat (7/2/2020).

Lebih lanjut, Taufik mengatakan Soekarno sempat berpidato di depan Stasiun Jatibarang sebelum menghadiri perjanjian Linggarjati di Kabupaten Kuningan, Jabar. "Adanya monumen Soekarno ini bisa menjadi destinasi sejarah," katanya.

Sementara itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menata penampilan Stasiun Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Jabar. Penataan Stasiun Jatibarang itu dilakukan karena meningkatnya jumlah yang naik dan turun di stasiun tersebut.

Stasiun Jatibarang merupakan salah satu stasiun besar tipe C yang beroberpasi di Daop 3 Cirebon. Bahkan, salah satu stasiun paling sibuk di Kabupaten Indramayu. Menurut Dirut PT KAI Edi Sukmoro, dalam tiga tahun terakhir terjadi peningkatan penumpang di Stasiun Jatibarang.

Penataan Stasiun Jatibarang, PT KAI Berencana Bangun Monumen SoekarnoPenataan di Stasiun Jatibarang Indramayu (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)

Tahun 2017, Stasiun Jatibarang melayani sebanyak 210.223 penumpang. Kemudian tahun 2018 melayani sebanyak 265.162 penumpang. Tahun lalu juga meningkat, melayani sebanayak 284.353 penumpang.

"Rata-rata sehari melayani 700 sampai 800 penumpang. Kalau hari besar bisa mencapai 1.000 penumpang per hari," kata Edi kepada awak media usai meresmikan penataan Stasiun Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Jabar, Jumat (7/2/2020).

Simak Juga Video "MRT-KAI Jalin Kongsi, Kelola 72 Stasiun di Jabodetabek"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2