Daftar Bakal Cabup, Daniel Bantah Jaga Dinasti Yance di Indramayu

Sudirman Wamad - detikNews
Selasa, 04 Feb 2020 18:12 WIB
Daniel adalah putra dari Irianto MS Syafiuddin (Yance), yang merupakan mantan Bupati Indramayu. Ibunya, Anna Sophana, Bupati Indramayu yang kini menjabat.
Foto: Daniel Mutaqien (dpr.go.id)
Indramayu -

Daniel Mutaqien Syafiuddin, putra pasangan eks Bupati Indramayu Irianto MS Syafiuddin (Yance) dan Anna Sophanah, mendaftar sebagai bakal calon Bupati (bacabup) Indramayu melalui Partai Golkar. Isu menjaga dinasti politik keluarga Yance mengiringi langkah Daniel maju dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Isu tersebut ditepis oleh Daniel, yang kini duduk sebagai anggota DPR RI. Dia menyebut semua warga negara Indonesia memiliki hak politik yang sama, yakni dipilih dan memilih.

"Mungkin saya mencoba masuk di wilayah itu, karena warga negara memiliki hak politik yang sama. Saya tidak bisa memilih terlahir dari keluarga mana pun, anak bupati, presiden, guru, atau petani dan lainnya. Saya pikir semua warga negara memiliki hak sama, dicalonkan maupun mencalonkan," kata Daniel kepada detikcom melalui sambungan telepon seluler, Selasa (4/2/2020).

Meski orang tuanya pernah menjabat Bupati Indramayu, Daniel menegaskan langkahnya mendaftar sebagai bakal calon Bupati Indramayu ke Partai Golkar tidak bertentangan dengan aturan perundang-undangan. "Selama mengikuti mekanisme dan tidak melanggar perundang-undangan, tidak ada masalah. Undang-undang tak melarang," kata politikus Golkar itu.

Terlepas dari itu, Daniel mengaku belum mendapat restu dari ibunya, Anna Sophanah, untuk ikut serta dalam pertarungan politik memperebutkan kekuasaan di Kabupaten Indramayu.

"Terutama Ibu (Anna Sophanah) belum merestui. (Restu) ibu itu adalah kuncinya," kata anggota DPR RI itu.

Selanjutnya
Halaman
1 2