Dinasti Yance di Indramayu, Giliran Sang Anak Daftar Calon Bupati

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 04 Feb 2020 13:18 WIB
Daniel adalah putra dari Irianto MS Syafiuddin (Yance), yang merupakan mantan Bupati Indramayu. Ibunya, Anna Sophana, Bupati Indramayu yang kini menjabat.
Foto: Daniel Mutaqien (dpr.go.id)
Indramayu -

Tahun ini Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Indramayu bakal digelar. Sejumlah politikus mulai tancap gas mendaftarkan dirinya sebagai bakal calon bupati (bacabup).

Salah satunya Daniel Mutaqien Syafiuddin, anak pasangan suami-istri yang pernah menjabat Bupati Indramayu Irianto MS Syafiuddin alias Yance dan Anna Sophanah. Daniel mendaftar sebagai bacabup melalui Partai Golkar, partai yang juga sempat mengantarkan kedua orang tuanya sebagai Bupati Indramayu.

Tepat pada tanggal cantik kemarin, Minggu (2/2/2020) berkas formulir pendaftaran bacabup Daniel diserahkan ke DPD Partai Golkar Indramayu. Selain Daniel, ada dua nama lain yang telah menyerahkan atau mengembalikan berkas pendaftaran bacabup.

"Ada 17 nama yang mengambil pendaftaran, baru tiga yang mengembalikan formulir. Ya ada nama Pak Daniel. Tiga nama itu Himawan, Kuswanto, dan Daniel Mutaqien," kata Sekretaris DPD Partai Golkar Indramayu Saefudin saat dihubungi detikcom, Senin (3/2/2020).

Saefudin mengungkapkan, sebelum mendaftar sebagai bacabup ke Golkar, anak Yance dan Anna itu sempat mengambil formulir pendaftaran di PKB. Namun Daniel tak mengembalikan formulir. "Di PKB itu hanya mengambil tanpa mengembalikan formulir," katanya.

Sekadar diketahui, Daniel merupakan putra eks Bupati Indramayu yang karier politiknya moncer. Daniel dua kali duduk di kursi DPR RI dari Dapil Jabar VIII, periode lalu dan saat ini. Tak hanya itu, dalam laman resmi wikidpr.org, Daniel terlibat dalam sejumlah organisasi, termasuk kepemudaan dan politik. Bahkan Daniel sempat menjadi Ketua DPD Partai Golkar Indramayu pada 2010.

Simak Video "Rapim TNI-Polri, Bahas Pengamanan Pilkada hingga PON 2020"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2