Reaktivasi KA Cibatu-Garut, Bupati Garut: Nanti Stasiunnya Termegah

Hakim Ghani - detikNews
Senin, 03 Feb 2020 14:25 WIB
Uji coba jalur kereta api rute Cibatu-Garut
Foto: Hakim Ghani/detikcom
Garut -

Reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut akan segera beroperasi. Sebelum dibangun stasiun baru, sementara akan menggunakan bangunan lama. Bupati Garut Rudy Gunawan mengklaim stasiun yang dibangun akan menjadi stasiun termegah di Indonesia.

"Nanti stasiun Garut dibangun oleh PT KAI. Ini bakal jadi termegah di Indonesia," ujar Rudy kepada wartawan di lapangan Setda Garut, Jalan Pembangunan, Tarogong Kidul, Senin (3/2/2020).


Pembangunan stasiun yang diklaim Rudy termegah itu tidak akan berjalan dalam waktu dekat. Karena itu untuk sementara, Stasiun Garut akan menggunakan bangunan lama terlebih dahulu.

"Nanti akan dibangun PT KAI. Kita sudah lihat bagaimana rancangannya, itu luar biasa. Kita siap mendukung," ucap Rudy.

Jalur KA Cibatu-Garut yang telah mati sejak tahun 80-an silam, sangat didamba-dambakan warga Garut.


Rudy menyebut, saat proses peresmian nanti, dirinya ingin seluruh masyarakat Garut hadir dan ikut ambil bagian.

"Ini jelas sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kabupaten Garut. Masyarakat Garut sudah menanti sejak lama," katanya.

Reaktivasi KA Cibatu-Garut sendiri sedianya akan diresmikan akhir Januari kemarin, namun rencana itu batal karena beberapa alasan. Rencananya, peresmian reaktivasi KA Cibatu-Garut akan berlangsung pertengahan Februari ini.

"Reaktivasi kereta api ini akan sangat membantu masyarakat. Ini kan bisa menghubungkan Garut ke beberapa daerah. Apalagi sekarang dari pusat perkotaan Garut ke Jakarta bisa pakai kereta," pungkas Rudy.

(ern/ern)