Aa Gym Kenang Sosok Gus Sholah Sebagai Ulama Teladan

Mukhlis Dinillah - detikNews
Senin, 03 Feb 2020 10:38 WIB
Pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng K.H. Sholahuddin Wahid atau Gus Sholah berbincang dengan sejumlah wartawan di Jombang, Jawa Timur, Jumat (15/3/2019). Gus Sholah menyerukan semua pihak untuk menghentikan fitnah, caci maki atau yang bisa menyakiti orang lain serta menahan diri agar suasana Pemilu 2019 berjalan dengan damai. ANTARA FOTO/Syaiful Arif/wsj.
Foto: Sholahudin Wahid atau Gus Sholah (ANTARA FOTO/Syaiful Arif)
Bandung -

Wafatnya KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah meninggalkan duka mendalam bagi dai kondang Abdullah Gymnastiar (Aa Gym). Ia mengenang sosok Gus Sholah adalah ulama teladan di Indonesia.

Aa Gym menuturkan semasa hidupnya, Gus Sholah merupakan ulama yang bijaksana dan penuh kasih sayang. Ia mengaku meneladani sifat-sifatnya dalam kesehariannya.

"Saya pribadi banyak sekali berguru ke beliau meski secara tidak langsung, tatapannya sikapnya benar-benar menunjukan ulama rahmatan lil alamin," kata Aa Gym via pesan singkat, Senin (3/2/2020).

Menurutnya keteladanan Gus Sholah harus ditiru oleh penerus-penerusnya termasuk dirinya. Sehingga, keteladanannya semasa hidupnya bisa menjadi bekal pahala di akhirat.

"Semoga Allah mengaruniakan pahala yang mengalir berlimpah dari semua keteladanan dan kebaikan beliau dan semoga kita semua para penerus banyak belajar dan mengambil keteladanan dari beliau," tutur dia.

Pimpinan ponpes Daarut Tauhid ini juga berharap keturunan Gus Sholah dimuliakan derajatnya di dunia dan akhirat kelak.

"Semoga keturunannya juga dimuliakan dunia akhirat. Semoga guru kita, orang tua kita Gus Sholah benar-benar oleh Allah dimuliakan kuburnya, dan di surga kelak," ujar Aa Gym.

Gus Sholah meninggal dunia di Rumah Sakit Harapan Kita, Minggu (2/2) pukul 20.55 WIB. Jenazah akan dimakamkan di Tebu Ireng Jombang Jawa Timur sekitar pukul 16.00 WIB.

Simak Video "Ponpes Tebuireng Bersiap Menyambut Kedatangan Jenazah Gus Sholah"

[Gambas:Video 20detik]

(mud/mso)