Round-Up

Teka-teki Kemunculan Air Panas di Sumur Tua Cimahi

Wisma Putra - detikNews
Minggu, 02 Feb 2020 09:28 WIB
Warga Gang Warga, Kelurahan Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, dihebohkan dengan sumur yang mengeluarkan uap dan airnya menjadi panas.
Foto: Air di sumur warga Kota Cimahi berubah menjadi panas (Yudha Maulana/detikcom)
Cimahi -

Sumur tua berusia hampir setengah abad yang berada di belakang rumah milik H Hambali (62) warga Kota Cimahi, Jawa Barat mengeluarkan uap dan air panas. Kejadian tak lazim itu masih menjadi teka-teki.

Fenomena tidak biasa itu diketahui pertama kali oleh Hambali. Saat itu, dia akan mengambil air di sumur yang berada di bagian belakang rumah. Namun alangkah kagetnya ketika melihat sumur sedalam 25 meter itu mengeluarkan uap pekat.

"Ya kaget, takutnya mesin jetpump korslet tapi ternyata bukan. Dinding sumurnya juga panas pas dipegang. Saya coba ambil airnya, ternyata memang sangat panas," ujar Hambali, saat ditemui di kediamannya, Sabtu (1/2/2020).

Sementara itu, Ridwan Fauzi (39) anak pemilik rumah mengatakan sumur itu digali 47 tahun lalu. Dia menyebut, fenomena sumur mengeluarkan uap dan airnya menjadi panas baru pertama kali terjadi.

"Baru pertama kali, makanya kami heran. Kok bisa, padahal tidak ada saluran apa-apa di dalam rumah," kata Ridwan kepada detikcom, Sabtu (1/2/2020)

Dia kemudia mengecek sumur milik pamannya dan sumur di sebuah TK yang lokasinya bersebelahan. Namun suhu air di dua lokasi tersebut normal tidak seperti air sumur miliknya.

Setelah itu, pihaknya melaporkan kejadian itu ke Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi. Dia juga menyebut, air panas di sumur miliknya itu sampai bisa membuat telur matang.

"Kemarin telur bisa matang, tapi belum berani dimakan. Kejadian ini sudah dilaporkan ke DLH Kota Cimahi," ujarnya.

detikcom melihat langsung sumur yang mengeluarkan air panas itu. Kondisi air tersebut jernih, tidak mengeluarkan bau. Selain itu,suhu air di dalam sumur tersebut terus mengalami penurunan tidak sepanas seperti pada awal diketahui.

Geger Air Panas Muncul dari Sumur Warga di Cimahi:

[Gambas:Video 20detik]

(mso/mso)