Hindari Tabrakan, Bus Terjun ke Kolam Ikan di Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Sabtu, 01 Feb 2020 09:18 WIB
Bus Kecelakaan di Ciamis
Bus terjun ke kolam ikan. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Bus Mandala terjun ke kolam ikan di Jalan Ciamis - Banjar, Desa Pamalayan, Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (1/2/2020) pagi. Tidak ada korban jiwa dalam insiden kecelakaan tunggal tersebut.

Berdasarkan data yang dihimpun, bus Mandala nomor polisi AA-1617-DA jurusan Bandung-Surabaya itu mengangkut sekitar 13 orang penumpang. Busa datang dari arah Banjar menuju Bandung.

Warga setempat, Dedi (66) menuturkan, berdasarkan keterangan yang diterima dari sopir, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 04.00 WIB dini hari. Menurutnya, saat bus melaju kecepatan sedang, di depannya ada sepeda motor dan mobil.

Sepeda motor yang berada di depan bus Mandala mencoba menyusul kendaraan di depannya, namun seperti ragu-ragu. Kemudian sopir bus Mandala mencoba akan menyalip. Namun dari arah berlawanan muncul kendaraan lain, sehingga sopir bus Mandala membanting kemudi ke kanan hingga terbang dan terjun ke kolam ikan.

"Kemungkinan menghindari tabrakan, kalau di banting ke kiri banyak rumah jadi dibanting ke kanan terjun ke kolam ikan, tadi ngobrol sama sopirnya," ujar Dedi saat ditemui di lokasi kejadian.

Menurut Dedi, setelah kejadian para penumpang berjumlah sekitar 13 orang dialihkan ke bus lain untuk melanjutkan perjalanan. Tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Kejadian ini membuat arus lalu lintas dari arah Banjar atau arah Ciamis tersendat. Personel Polres Ciamis melakukan sistem buka tutup arus lalu lintas.

(bbn/bbn)