Wali Kota Bandung Sebut Anak-anak Bahagia dengan Program Chickenisasi

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 31 Jan 2020 13:28 WIB
Wali Kota Bandung Oded soal chikenisasi
Wali Kota Bandung Oded M Danial memperlihatkan ayam yang berhasil dirawat anak-anak/Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung -

Pemerintah Kota Bandung menggulirkan program chickenisasi di mana pelajar mengurus anak ayam untuk mencegah kecanduan gadget. Wali Kota Bandung Oded M Danial mengklaim program ini berhasil.

Klaim Oded ini berdasarkan hasil perkembangan anak ayam yang diurus oleh pelajar di SMP Negeri 54 di Jalan Utsman bin Affan, Kelurahan Rancanumpang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Jumat (31/1/2020). Sejumlah anak-anak SMP ini mampu mengurus ayam dari kecil hingga cukup besar.

"Alhamdulilah setelah dua bulan lebih, anak-anak siswa dan siswi dikasih DOC (day old chicken) anak ayam, sekarang mencoba mengevaluasi dengan melihat ke lapangan ternyata alhamdulilah cukup menggembirakan," ucap Oded.

Oded menyatakan para pelajar SMP ini antusias saat diberi tugas mengurus anak ayam. Bahkan, kata Oded, mereka berinovasi dengan membuat kandang untuk ayam sendiri.


Menurut Oded, dengan program ini anak-anak juga bisa saling berinteraksi. Bahkan, sambung dia, anak-anak juga kini tak ketergantungan dengan gadget.

"Dan mereka juga ternyata punya karakter jadi lembut dan cinta kepada anak ayam. Dan juga tadi disampaikan testimoni anak-anak ternyata mengaku bahwa memang setelah mengurusi anak ayam ini ternyata mereka juga agak lupa pada gadget," katanya.

"Kalaupun ada yang memanfaatkan IT ini, ternyata mereka gunakan untuk hal yang positif seperti membuat video. Itu luar biasa. Mudah-mudahan apa yang Mang Oded inginkan dari pendidikan karakter memberikan anak ayam kepada anak ini ternyata sudah terpenuhi," ujarnya menambahkan.

Ditanya soal kelanjutan ayam yang sudah besar, Oded masih belum tahu. Menurutnya, anak-anak sudah kadung cinta dengan ayam-ayam yang diurusnya.

"Mang Oded masih mikir keneh euy soalnya tadi ditanya ada yang lebar (Mang Oded masih mikir, soalnya tadi ditanya ada yang sayang). Mungkin wajar karena sudah diurus dari kecil sehingga sudah besar menjadi sayang. Nah, saya lagi mikir mau di kemanakan, terserah mereka saja," ucapnya.


Sementara itu Kepala Sekolah SMP Negeri 54 Ike Fiesta Renny mengatakan program ini dilakukan oleh kelas 7 dan 8. Menurutnya, ada 289 ekor yang diurus oleh 179 siswa dan 105 siswi.

"Kami usahakan sebaik-baiknya walaupun belum punya bekal cara mengurus anak ayam. Yang saya lihat bagaimana anak-anak dalam membuat kandang atau dibuat kelompok 36 kelompok, saling komunikasi, kerja sama, saling marah-marahan tidak sesuai pendapat, mereka juga buat laporan perkembangan anak ayam," kata Ike.

Simak Video "Diiming-imingi Gaji Besar, 3 ABG Bandung Dijadikan PSK!"

[Gambas:Video 20detik]

(dir/ern)