ADVERTISEMENT

Negatif Virus Corona, Pasien WN China di RSHS Bandung Sudah Pulang

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 30 Jan 2020 15:37 WIB
RSHS preskon soal virus corona
Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom
Bandung -

Dua pasien di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Bandung, dinyatakan negatif virus Corona. Salah seorang pasien HG (35), WN China, sudah diperbolehkan pulang.

Tiga hari yang lalu, RSHS, Bandung, mengirimkan spesimen dahak dari hidung dan tenggorokan kedua pasien untuk uji laboratorium di Litbangkes Kemenkes RI. Hasilnya negatif Corona.

"Setelah hasilnya negatif, kemarin sore Tuan HG sudah kami persilakan pulang," kata Ketua Tim Penanganan Infeksi Khusus RSHS, Bandung, Yovita Hartantri kepada wartawan, Kamis (30/1/2020).

Ia menuturkan kondisi HG membaik sebelum meninggalkan rumah sakit. Infeksi saluran pernapasan atas akut yang dialaminya sudah sembuh.

"Infeksinya (saluran pernapasan) sudah membaik. Keluhan-keluhan sebelumnya juga sudah tidak ada. Jadi diperbolehkan pulang," ungkap dia.


Berbeda dengan HG, pasien lainnya, HA, masih perlu perawatan. Warga Dago, Kota Bandung, itu masih memerlukan alat bantu pernapasan akibat penyakit infeksi saluran pernafasan bawah akut.

"Pasien HA ini masih diisolasi karena pakai alat bantu pernapasan. Tapi siang ini kami akan menentukan kelanjutan pengobatannya, karena keluarga minta dirawat di RS Borromeus," tutur Yovita.

Sebelumnya, dokter Laboratorium RSHS, Bandung, Basri Andriyoko menjelaskan proses uji lab spesimen kedua pasien berlangsung dua kali.

"Jadi kenapa agak lama karena prosesnya dua kali. Ini memastikan uji lab akurat," ujar Basri.

(ern/ern)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT