Sejumlah Pohon Tumbang Timpa Mobil dan Motor di Kota Banjar

Faizal Amiruddinn - detikNews
Rabu, 29 Jan 2020 18:50 WIB
Pohon Tumbang Timpa Mobil di Banjar
Pohon tumbang timpa mobil di Kota Banjar. (Foto: Faizal Amiruddin/detikcom)
Kota Banjar -

Hujan deras dan angin kencang yang terjadi di Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu (29/1/2020), menyebabkan kerusakan di sejumlah lokasi. Kerusakan diakibatkan pohon tumbang. Di Jalan Kawadanaan persis samping Mesjid Agung, pohon tumbang menimpa satu unit mobil Toyota Rush.

Kerusakan mobil bernopol Z 1225 NI tersebut cukup parah, karena pohon trembesi berukuran besar menimpa kabin bagian tengah. Saat kejadian pemilik mobil tidak berada di dalam. Sehingga tak menimbulkan korban jiwa maupun luka. Hanya kerugian materi ditaksir jutaan rupiah.

Pemilik mobil Omay warga Banjar yang merupakan petugas Satpol PP Kota Banjar tengah menunaikan salat Ashar di Mesjid Agung. Selain merusak mobil, pohon tumbang juga merusak pagar dan pilar mesjid.

"Angin cukup kencang, hujan deras. Kami sedang salat berjamaah di mesjid. Tiba-tiba terdengar suara benturan keras, ternyata pohon menimpa mobil teman saya," kata Budiman, Kabid Linmas Satpol PP Kota Banjar.

Selain itu, hujan deras menyebabkan terjadinya ledakan sebuah gardu listrik di Jalan Letjen Suwarto, Kota Banjar. Ledakan ini mengagetkan warga sekitar dan menyebabkan sambungan listrik padam. Video detik-detik ledakan gardu menyebar di media sosial.

Pohon tumbang dilaporkan terjadi di beberapa titik Kota Banjar dan memicu kemacetan lalu lintas. Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Banjar, Kuslan mengatakan pohon tumbang terjadi setidaknya di lima titik yakni di Jalan Doboku Kelurahan Pataruman, Jalan Letjen Suwarto, Jalan Siliwangi, sekitar terminal dan Jalan Husen Kartasasmita.


"Kami masih melakukan evakuasi. Menyingkirkan pepohonan yang tumbang. Sejauh ini kerusakan terjadi pada kendaraan baik mobil dan motor. Tapi belum bisa kami data," kata Kuslan.

(bbn/bbn)