Hari Pertama SKD CPNS Pemprov Jabar Diikuti 16 Peserta Difabel

Mukhlis Dinillah - detikNews
Rabu, 29 Jan 2020 12:28 WIB
16 orang penyandang disabilitas netra jalani SKD CPNS Pemprov Jabar
Foto: Sejumlah peserta jalani SKD CPNS Pemprov Jabar di Arcamanik, Bandung (Mukhlis Dinillah/detikcom)
Bandung -

Sebanyak 16 penyandang disabilitas netra mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk Pemprov Jabar. Peserta difabel diberikan waktu pengerjaan lebih lama dibandingkan peserta lainnya.

Proses SKD CPNS ini berlangsung di Gedung Youth Center Sport Jabar, Arcamanik, Kota Bandung, Rabu (29/1/2020). Setiap harinya seleksi dibagi menjadi lima sesi. Setiap sesinya diikuti 720 peserta.

Kabid Pengadaan dan Mutasi BKD Janar Tulus Arifan mengatakan ada 36 peserta difabel yang akan mengikuti SKD tahun ini. 16 peserta difabel di antaranya mendapat kesempatan seleksi di hari pertama.

"Di hari pertama ini ada 16 peserta difabel khususnya netra yang ikut seleksi. Dari total 36 peserta tahun ini," kata Tulus di sela-sela kegiatan.

Ia menuturkan 16 peserta difabel juga mengerjakan 100 soal melalui sistem computer assisted test (CAT). Hanya saja, komputernya sudah diatur menggunakan huruf braille dan waktu pengerjaan lebih panjang.

"Jadi sudah disetting huruf braille. Waktunya juga jadi 120 menit, sedangkan yang lain kan 90 menitan," ungkap dia.

Tahun ini, ada 37.985 peserta SKD CPNS untuk Pemprov Jabar. Para peserta memperebutkan 1.934 formasi mulai dari tenaga kesehatan, pendidik hingga teknis.

"Tenaga kesehatan 93 orang, tenaga pendidik 839 orang, tenaga teknis 1.002 orang," ujar Tulus.

(mud/mso)