Amankan Pelaku Tabrak Lari, Jurnalis TVRI Indramayu Diganjar Penghargaan

Sudirman Wamad - detikNews
Selasa, 28 Jan 2020 16:07 WIB
Jurnalis TVRI terima penghargaan dari polres indramayu
Foto: Istimewa
Indramayu -

Opi Raharjo, jurnalis TVRI mendapatkan penghargaan dari Polres Indramayu. Opi berhasil menangkap pelaku tabrak lari di Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu.

Kapolres Indramayu AKBP Suhermanto mengatakan penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi terhadap Opi yang telah membantu tugas kepolisian. Suhermanto mengatakan Opi berhasil meringkus pelaku tabrak lari yang mengakibatkan korbannya, Juamenah (60) mengalami cacat permanen yang terjadi pada Rabu (22/1/2020) sekitar pukul 03.00 WIB.

"Reward ini kita berikan karena Opi Raharjo jurnalis TVRI berjasa membantu tugas kepolisian, menangkap pelaku tabrak lari yang mengakibatkan korbannya cacat permanen," kata Suhermanto dalam keterangan yang diterima detikcom, Selasa (28/1/2020).

Lebih lanjut, Suhermanto menerangkan usai menghentikan mobil pelaku, Opi sempat meminta warga untuk tidak main hakim sendiri. Emosi warga pun berhasil diredam. Kasus tersebut langsung dilaporkan ke pihak kepolisian dan berhasil ditangani.

Sementara itu, Opi berterimakasih kepada pihak kepolisian yang telah mengapresiasi tindakannya. Opi mengaku aksi heroiknya itu didasari atas rasa kemanuasian.

Opi menceritakan penangkapan terhadap pelaku tabrak lari itu bermula saat dirinya mendengar suara ban mobil yang pecah di sekitar rumahnya di Desa Karangasem, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indaramayu. Opi pun langsung keluar rumah.

"Ada yang bilang, mobil yang pecah ban itu habis menabrak orang. Waktu itu saya langsung mengejar," kata Opi.

Jurnalis TVRI itu sempat meneriakkan pelaku itu berhenti. Sekitar 200 meter, lanjut dia, pelaku menghentikan mobilnya. Namun, pelaku sempat mengelak saat ditanya oleh Opi terkait kejadian penabrakan.

"Ngomongnya ada yang jatuh. Saya tidak percaya. Kemudian saya tahan dua orang di dalam mobil. Pelaku tiba-tiba melarikan diri saat melihat warga berdatangan," kata Opi.

Dengan sigap Opi pun langsung mengejar pelaku. Salah seorang pelaku berhasil diamankan. Sementara pelaku lainnya kabur. "Saya langsung lapor ke petugas Polsek Terisi. Saya juga meminta warga untuk mengamankan pelaku, jangan sampai jadi obyek main hakim sendiri. Setelah kejadian itu, polisi datang dan langsung membawa pelaku," kata Opi.

(ern/ern)