Isolasi 2 Pasien Dicurigai Virus Corona, RSHS: Kondisinya Membaik

Mukhlis Dinillah - detikNews
Selasa, 28 Jan 2020 14:55 WIB
Ruang isolasi khusus rshs
Ruang isolasi khusus RSHS (Mukhlis Dinillah/detikcom)
Bandung -

Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Bandung, masih mengisolasi dua pasien HG (35) dan HA (24) yang dicurigai mengalami gejala virus Corona. Kondisi keduanya berangsur membaik dan berpeluang keluar dari ruang isolasi.

Ketua Tim Penanganan Infeksi Khusus RSHS, Bandung, Yovita Hartantri mengatakan kedua pasien tidak lagi mengeluhkan gejala yang mengarah ke virus Corona. Meski begitu, pihaknya masih memantau kondisi keduanya.

"Pasien pertama HG pagi ini sudah tidak ada keluhan demam, nyeri menelan juga sudah tidak ada, lalu kondisi secara dari pemeriksaan juga tidak ditemukan keluhan yang lain. Kemudian hasil laboratorium juga baik," kata Yovita kepada wartawan Selasa (28/1/2020).

"Pasien kedua stabil walaupun masih terpasang alat bantu pernapasan. Namun kondisi pasien saat ini sudah sadar, ada dengan kondisi tekanan darah, pernapasan, demam juga tidak ada keluhan, dan hasil pemeriksaan laboratorium juga sudah menunjukkan ke arah perbaikan," jelas dia.

Ia mengaku belum menerima hasil laboratorium spesimen dahak dari tenggorokan dan hidung kedua pasien yang dikirimkan ke Litbangkes RI. Itu sebabnya pihaknya memutuskan masih mengisolasi keduanya di ruang infeksi khusus Kemuning.

"Kedua pasien masih di ruangan karena kami masih menunggu hasil pemeriksaan spesimen dari hidung dan tenggorokan yang di kirim ke Litbangkes. Jadi kami menunggu. Mudah-mudahan sore ini sudah ada hasil," tutur dia.

Menurutnya, khusus pasien HG, yang merupakan WN China, kemungkinan besar bisa pulang kalau hasil laboratoriumnya negatif virus Corona. Sebab, HG sudah melewati masa inkubasi 14 hari sejak kedatangannya ke Indonesia dari China.

"Pasien pertama kalau dihitung terakhir kembali dari China sampai saat sekarang sudah 15 hari dengan kondisi baik. Kemungkinan besar negatif. Kalau (pasien) sudah ada hasilnya terbukti negatif, akan kami pulangkanPasien kedua masih dalam perawatan, karena masih pakai alat bantu pernapasan. Apalagi waktu kepulangannya dari Singapura lebih singkat," ujar Yovita.

Simak Video "Heboh Virus Corona, Uya Kuya Berbagi Tips Tutup Mulut saat Bersin"

[Gambas:Video 20detik]

(mud/mso)