Antisipasi Virus Corona, RSUD Cibabat Siapkan Ruang Pemeriksaan Khusus

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 28 Jan 2020 12:41 WIB
Ruang penanganan khusus virus corona di RSUD Cibabat Cimahi
Foto: RSUD Cibabat Cimahi siapkan ruang khsusu untuk penanganan virus corona (Yudha Maulana/detikcom)
Cimahi -

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat Kota Cimahi menyiapkan ruang pemeriksaan dan observasi khusus di bagian terluar rumah sakit guna mewaspadai wabah virus Novel Corona (NCoV).

Kepala Bidang Pelayanan dan Penunjang pada RSUD Cibabat, dr. Ars. Agustiningsih mengatakan, saat ini ruang isolasi hanya untuk pasien penderita tuberculosis (TB). Pasalnya, RSUD memiliki keterbatasan ruangan dan tenaga medis spesialis.

"Ruangannya ada di sayap kiri terluar rumah sakit. Sekarang sedang disiapkan ruangannya, jadi tidak akan sampai masuk ke dalam gedung dan ruang isolasi khusus karena penularannya sangat cepat," ujar Agustiningsih, saat ditemui, Selasa (28/1/2020).

Kendati demikian, ruang khusus virus corona itu akan dilengkapi dengan tim yang terdiri dari dokter, perawat, dan security ditunjang dengan alat perlindungan diri (APD).

"Semua petugas medis termasuk security akan mengenakan APD, terutama masker dan kacamata. Kalau hasil screening dan observasinya suspect, akan dirujuk langsung ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS)," katanya.

"Kami siapkan juga ambulans, respirator dan pakaian khusus bagi petugas medis dan sopir, sehingga bisa lebih aman saat mengantarkan pasien ke rumah sakit rujukan," ujarnya melanjutkan.

Ia meminta agar masyarakat tidak panik, namun tetap waspada menyikapi ancaman Novel Corona yang baru terjadi dan kasus pertama terjadi di Wuhan, China.

"Untuk masyarakat umum wajib menjaga kebersihan terutama cuci tangan. Terus menjaga etika batuk, gunakan tisu saat batuk lalu dibuang. Kalau pakai masker, maksimal 6 jam lalu dibuang juga," ujarnya.

Ahli Vaksin Jelaskan Viral Bawang Putih Sembuhkan Virus Corona:

[Gambas:Video 20detik]

(mso/mso)