Dewan Minta Pemprov Jabar Turun Tangan Antisipasi Penyebaran Virus Corona

Mukhlis Dinillah - detikNews
Senin, 27 Jan 2020 16:40 WIB
Gedung DPRD Jabar dijaga ketat
Foto: Gedung DPRD Jabar (Mukhlis Dinillah/detikcom)
Bandung -

DPRD Jabar mendesak Pemprov Jabar turun tangan mengantisipasi penyebaran virus corona. Terlebih dengan adanya dua pasien yang dicurigai mengalami gejala virus corona di RSHS Bandung.

RSHS Bandung saat ini mengisolasi dua pasien dicurigai gejala virus corona. Pasien pertama HG (35) WN China yang bekerja di PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Pasien kedua HA (24) warga Dago, Kota Bandung.

Ketua Fraksi PKB DPRD Jabar, Sidkon Djampi mengatakan tenaga kerja asal China di beberapa wilayah harus menjadi perhatian pemerintah. Hal ini sebagai langkah antisipasi virus baru yang berasal dari Wuhan, China tersebut.

"Ya termasuk masalah seperti itu, di Jabar kan banyak pekerja proyek asal China. Gubernur harus segera melakukan antisipasi," kata Sidkon saat dihubungi, Senin (27/1/2020).

Selain itu, kata dia, pihaknya juga meminta Pemprov Jabar menginventarisir warga yang tengah berada di China khususnya Kota Wuhan. pemerintah harus memastikan keselamatan warganya di negaramu tirai bambu tersebut.

"Semua orang yang tinggal di China pasti panik dan bagi warga luar China yang tinggal di sana kemungkinan besar terdorong untuk pulang ke negaranya. Pemprov Jabar harus segera melakukan langkah strategis jika ada warga Jawa Barat yang tinggal di sana," ujar anggota komisi I tersebut.

Untuk diketahui, ada dua pasien yang saat ini diisolasi RSHS Bandung. Pihak RSHS Bandung tengah menunggu hasil laboratorium terkait status keduanya.

Simak Video "Kemlu: Seluruh WNI di China Tak Ada yang Terjangkit Virus Corona"

[Gambas:Video 20detik]

(mud/mso)