Apabila Dua Pasien di RSHS Positif Virus Corona, Keluarga Akan Diisolasi

Mukhlis Dinillah - detikNews
Senin, 27 Jan 2020 15:45 WIB
rshs preskon soal virus corona
Foto: Mukhlis Dinillah
Bandung -

Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menunggu hasil laboratorium dua pasien dicurigai mengalami gejala virus corona. Kalau hasilnya positif, RSHS Bandung menyarankan keluarga dan kerabat pasien juga diisolasi.

Kedua pasien yang tengah ditangani RSHS Bandung yakni HG (35) WN China dan HA (24) warga Dago, Kota Bandung. Keduanya diisolasi dan sampel dahaknya diambil untuk kepentingan tes laboratorium di Litbangkes RI.

"Kita koordinasi dengan Dinkes, kalau mereka (dua pasien) positif. Kita akan juga isolasi keluarga dan kerabat yang interaksi langsung dengan pasien," kata Direktur Medik dan Keperawatan RSHS Bandung, Nucki Nursjamsi Hidayat kepada wartawan, Senin (27/1/2020).


Wakil Ketua Tim Penanganan Infeksi Khusus Anggraeni Alam menuturkan saat ini pihaknya belum melakukan penanganan khusus kepada keluarga dan kerabat pasien. Pihaknya hanya meminta mereka menggunakan masker sebagai bentuk antisipasi penularan.

"Sejauh ini tidak ada tindakan apa-apa untuk keluarga dan kerabat pasien. Kita hanya edukasi agar menggunakan masker meminimalisir penularan ke yang lain," jelas dia.


Ia menuturkan dalam kasus seperti ini, biasanya ada masa inkubasi selama 14 hari di lingkungan sekitarnya.

"Jadi kita amati nanti apakah ada keluarga atau kerabatnya yang mengalami keluhan sama atau tidak. Kalau ada segera ke rumah sakit," ujar Anggraeni.

Simak Video "Menhub soal Batasan Travel ke China: Cuma ke Wuhan, Lainnya Tak Masalah"

[Gambas:Video 20detik]

(mud/ern)