Korban Banjir Dayeuhkolot: Mana Bupati dan Gubernur?

Wisma Putra - detikNews
Senin, 27 Jan 2020 15:16 WIB
Kapolda dan pangdam kunjungi lokasi banjir dayeuhkolot
Kapolda Jabar dan Pangdam Siliwangi kunjungi korban banjir/Foto: Wisma Putra
Kabupaten Bandung -

Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi bersama Pangdam III Mayjen TNI Nugroho Budi meninjau lokasi banjir yang berada di Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Pantauan detikcom, Senin (27/1/2020) Rudy dan Nugroho didampingi Dansektor 7 Citarum Harum Kolonel Purwadi, Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan, Dandim 0609 Kabupaten Bandung Letkol Arh Teguh Waluyo dan Kepala Dinas Sosial abupaten Bandung Nina, menyalurkan bantuan sembako dengan menaiki perahu karet.

Selain meninjau genangan banjir, Rudy dan Nugroho juga mendatangi pengungsian di Selter Desa Dayeuhkolot. Sebelum sampai ke pengungsian, perahu yang ditumpangi Rudy dan rombongan didatangi seorang warga.

"Selama banjir yang terjadi sejak Tanggal 20 Januari lalu, baru TNI Polri yang mengunjungi kami," kata warga bernama Hariman Siregar.

Hariman berterimakasih kepada Rudy yang sudah meninjau kampungnya yang terendam banjir. Hariman juga berterimakasih karena Rudy sudah memberikan bantuan sembako kepada warga Dayeuhkolot.

Hariman menanyakan ke mana Bupati Bandung Dadang M Naser dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang belum meninjau lokasi banjir. Hariman merasa kecewa, orang nomor satu di Kabupaten Bandung dan Jawa Barat itu belum melihat warganya yang menjadi korban banjir.

"Bapak Bupati, Bapak Gubernur, masa enggak malu sama Bapak Jendral. Bapak Bupati, Bapak Gubernur enggak malu sama Bapak Jendral yang sudah datang ke sini," ujar Hariman.

Sesampainya di Selter Desa Dayeuhkolot, Rudy juga kembali didatangi warga bernama Yayat Supriatna. Warga tersebut mengeluhkan hal sama karena belum mendapatkan perhatian dari pemerintah.

"Pak kami tinggal di sini, di shalter, belum ada dapur umum di sini," ujar Yayat kepada Rudy.

Usai mendengarkan keluhan sejumlah warga, Rudy langsung melihat pengungsian dan memberikan bantuan langsung kepada pengungsi.

"Pertama, saya bersama Pangdam III Siliwangi datang ke sini untuk melihat situasi banjir di Dayeukolot. Kedua, kami tahu masyarakat sini membutuhkan bantuan, seperti diketahui Kapolres, Dandim, Kapolsek dan Danramil memberikan bantuan kepada masyarakat, kami ke sini mengecek langsung apakah betul bantuan diberikan, ternyata betul dan kami ucapkan terimakasih," ungkap Rudy.

Sementara itu, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi berujar, program Citarum Harum sesuai Perpres akan selesai tujuh tahun dan saat ini baru masuk pada tahun kedua.

"Ini progresnya baru 25 persen. Oleh sebab itu bersama pemerintah bersama TNI Polri memberikan yang terbaik untuk masyarakat," kata Budi.

Terkait keluhan pintu air yang lebih rendah dibandingkan tanggul Sungai Citarum sehingga membuat bajir, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait.

"Kita evakuasi dan akan kita perbaiki lagi," pungkasnya.

Simak Video "Banjir Genangi Cilegon, Wali Kota Singgung Drainase Tol''

[Gambas:Video 20detik]

(ern/ern)