Kronologi Bentrok Dua Kelompok Massa di Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Sabtu, 25 Jan 2020 16:01 WIB
Polisi berjaga di lokasi bentok dua kelompok massa. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)

- Sabtu (25/1/2020) dini hari

Situasi mulai memanas kembali sekitar pukul 04.00 WIB, massa dari arah perbatasan Sukabumi - Cianjur mulai bergerak membawa senjata tajam dan benda keras ke arah Jembatan Dua, Cisero tempat massa lawannya berada.

Massa berlarian mencoba masuk ke dalam posko massa lawannya namun petugas kepolisian terus berusaha menghalau massa dan polisi bertahan di jalan utama Sukabumi -Cianjur.

Ruas jalan utama terpaksa ditutup dari kedua arah, kendaraan besar tertahan karena arus jalan dialihkan. Hingga pukul 07.00 WIB situasi masih memanas, personel Brimob, TNI dan polres gabungan berjaga di sekitar lokasi menahan massa.

- Sabtu (25/1/2020) pagi-siang

Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi mendatangi lokasi bentrok massa di Kecamatan Sukalarang - Kecamatan Sukaraja, Sukabumi, pukul 07.00 WIB, Sabtu (25/1/2020). Sempat terjadi insiden saling lempar batu antar massa saat kedatangan Rudy.

Kronologi Bentrok Massa BPPKB dan Sapujagat di SukabumiKapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi (mengangkat tangan) turun langsung meredakan kelompok massa yang terlibat bentrok di Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah)

Massa yang berada di jalan utama Cianjur-Sukabumi merangsek ke massa yang berada di jalan perkampungan, hingga akhirnya terjadi aksi saling lempar. Rudy yang kebetulan baru tiba, langsung mendekat ke arah massa dan mengultimatum mereka.

"Saya beri waktu kalian 30 menit untuk membubarkan diri, serahkan kepada kepolisian," kata Rudy.

Dari arah massa terdengar teriakan-teriakan menolak permintaan Rudy. Beberapa orang diduga perwakilan massa terlihat menjauh dari lokasi. "Kita minta tangkap dulu pelakunya, tangkap dulu pelakunya," teriak massa.

Belum sampai 30 menit, sekitar pukul 07.20 WIB, akhirnya massa yang berada di jalan utama Cianjur-Sukabumi mundur dan membubarkan diri. Situasi berangsur kondusif dan arus lalu lintas Cianjur -Sukabumi normal kembali.

Kronologi Bentrok Massa BPPKB dan Sapujagat di SukabumiSalah satu kelompok massa terlihat berkumpul. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4