Kronologi Bentrok Dua Kelompok Massa di Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Sabtu, 25 Jan 2020 16:01 WIB
Polisi berjaga di lokasi bentok dua kelompok massa. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)

- Jumat (24/1/2020) malam

Pascabentrok massa BPPKB dan Sapu Jagat di Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi, situasi di sekitar lokasi bentrokan terlihat mencekam. Sekelompok pria bersenjata tajam merangsek ke area kandang ayam yang berdekatan dengan pabrik PT PAI.

Pantauan detikcom sekitar pukul 21.30 WIB, Jumat (24/1), langkah massa tertahan anggota Brimob dan Polres Sukabumi Kota bersenjata lengkap. "Minggir, turun kalian ke bawah semuanya. Kami polisi," teriak personel Brimob.

Kronologi Bentrok Massa BPPKB dan Sapujagat di SukabumiPolisi berjaga di lokasi bentrok. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)

Massa terlihat berteriak menyebut nama seseorang. Mereka tampak tak puas karena langkah mereka dihadang kepolisian. Karena dihadang, massa kemudian masuk ke jalan utama Sukabumi-Cianjur.

Tiga orang diketahui terluka di bagian kepala dan tangan akibat bentrokan kelompok massa di Kota Sukabumi. Mereka diboyong ke RSUD Sayang Cianjur.

"Total ada tiga orang luka, dibacok," kata Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Priyanto saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Hingga pukul 22.38 WIB, Jumat (24/1), situasi panas yang sempat terjadi mulai mereda. Lokasi kumpul massa memang berada di pintu masuk dan keluar buruh pabrik PT PAI. Mereka berhadap-hadapan dengan barisan polisi.

Pada pukul 23.32 WIB, Jumat (24/1/2020), situasi mulai berangsur kondusif massa yang sebelumnya berkumpul di jalan masuk menuju pabrik terlihat menarik diri. Polisi masih berjaga di sekitar lokasi.

"Terkait video viral di media sosial, ada kesalahpahaman antara sekelompok pemuda. (Pemicu) Kesalahpahaman terjadi di medsos. Sudah kami tangani proses hukumnya," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo.

Saat ini tersebar ajakan-ajakan pengumpulan massa dari salah satu ormas yang diduga terlibat bentrok. Terkait hal itu Wisnu meminta semua pihak bisa menahan diri dan meminta kedua belah pihak untuk menahan diri.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4