Napas Lega Warga Usai Suruli 'Siluman' Masuk Kandang Jebakan

Ismet Selamet - detikNews
Sabtu, 25 Jan 2020 13:21 WIB
Surili yang ditangkap petugas di Cianjur. (Foto: Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur -

Monyet Surili di Desa Sukaraharja, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, berhasil ditangkap hidup-hidup setelah seminggu petugas melakukan pencarian. Bahkan, petugas harus memasang jebakan untuk menyelamatkan monyet langka tersebut.

Pekan lalu, kemunculan sejumlah surili ke permukiman penduduk itu menghebohkan. Awalnya warga menyangka hewan tersebut siluman.

Proses pencarian Surili tersebut mulai berlangsung pada Jumat 17 Januari 2020. Sejumlah petugas dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) menurunkan tim dengan peralatan lengkap ke Desa Sukaraharja.

Petugas juga memasang dua perangkat yang disimpan di pepohonan pada lokasi yang diduga menjadi tempat berkeliarannya surili. Upaya penangkapan dan penyelamatan surili berlangsung aman. Seekor surili tertangkap hidup-hidup dalam kandang jebakan, Jumat (24/1) siang.

"Sudah tertangkap kang, di jebakan yang dipasang di halaman rumah warga di Cisalak perbatasan Desa Sukaraharja dan Desa Cisalak," ujar Camat Cibeber Ali Akbar, Sabtu (25/1/2020).

Tonton juga 5 Mahasiswa Diadili dalam Kasus Polisi Terbakar Saat Amankan Demo :

Selanjutnya
Halaman
1 2