Cerita Penangkapan Monyet Surili yang Disangka Siluman di Cianjur

Ismet Selamet - detikNews
Sabtu, 25 Jan 2020 10:32 WIB
Surili yang ditangkap petugas di Cianjur. (Foto: Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur -

Seekor surili, monyet endemik Jawa Barat, berhasil ditangkap dan dievakuasi di Desa Sukaraharja, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, Jumat (24/1). Namun ternyata tidak mudah untuk menangkap dan menjebak monyet yang dilindungi tersebut. Sebelumnya, warga menyangka hewan langka itu siluman. Kemunculannya bikin heboh pada pekan lalu.

Sejak viral soal kemunculan tiga ekor surili, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat langsung menurunkan tim untuk mengecek ke lokasi pada 17 Januari 2020. Petugas sempat menyisir sejumlah lokasi yang diinformasikan warga kerap muncul surili. Sayangnya petugas belum berhasil menemukan tanda-tanda keberadaan surili.

Petugas menempatkan dua buah kadang jebakan atau perangkap di dua titik yang sering muncul monyet langka surili. Salah satunya di halaman kantor Desa Sukaraharja.

Lantaran beberapa hari tidak kunjung muncul dan terperangkap, perangkat desa pun memindahkan jebakan ke lokasi lain, yang juga sering didatangi surili. "Kami pindahkan ke halaman rumah warga di Kampung Cisalak yang merupakan perbatasan Desa Cisalak dengan Sukaraharja. Karena informasinya di sana juga sering kelihatan surili berkeliaran," ujar kaur Umum Desa Sukaraharja, Oyok Solihat, Sabtu (25/1/2020).

Benar saja, baru sekitar dua hari dipasang, seekor surili yang sering terlihat berkeliaran di atap sebuah masjid terjebak saat mencari makanan di pepohonan di halaman rumah warga tersebut. "Jumat (24/1/2020) siang tertangkapnya, sekitar pukul 13.30 WIB. Masuk dalam jebakan yang dipasang di atas pohon di halaman rumah warga," kata Oyok.

Surili yang berukuran tinggi 40 sentimeter itu langsung dibawa ke kantor desa dan pada Jumat malamnya langsung diserahkan ke BBKSDA Jawa Barat. "Kami akan bawa satu ekor Surili yang sudah berhasil ditangkap itu ke Balai BKSDA Jawa Barat untuk selanjutnya diserahkan ke Aspinal untuk rehabilitasi," ujar Kepala Bidang Wilayah I BBKSDA Jawa Barat Lana Sari.

Tonton juga Pembakar Hutan Ini Berdalih Ingin Usir Monyet, Bukan Hanguskan Lahan :

[Gambas:Video 20detik]

(bbn/bbn)