Monyet Surili yang Disangka Siluman di Cianjur Berhasil Ditangkap!

Ismet Selamet - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 15:52 WIB
Foto: Istimewa
Cianjur -

Seekor monyet Surili yang sempat bikin geger karena disangka siluman oleh warga Desa Sukaraharja Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur berhasil ditangkap, Jumat (24/1/2020) siang.

Monyet langka endemik Jawa Barat itu terperangkap dalam jebakan yang dipasang oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat beberapa waktu lalu.

"Iya ada satu kang yang sudah tertangkap di halaman rumah warga di perbatasan antara Desa Sukaraharja dan Desa Cisalak Kecamatan Cibeber. Tertangkapnya sekitar pukul 13.30 Wib," ujar Sekretaris Desa Sukaraharja, Budhi Qomara, Jumat (24/1/2020).

Rencananya, monyet surili tersebut akan dibawa ke kantor desa untuk selanjutnya diserahkan pada petugas dari BBKSDA Jawa Barat.

"Sudah dilaporkan terkait adanya yang tertangkap. Katanya dalam perjalanan ke sini (Desa Sukaraharja)," ucap Budhi.


Menurutnya masih ada beberapa ekor surili yang berkeliaran di Desa Sukaraharja. Pasalnya warga sempat melihat beberapa ekor surili di lokasi yang sama. Dia pun berharap, surili lainnya bisa dievakuasi agar tidak menjadi sasaran pemburu atau warga yang tidak bertanggungjawab.

"Kalau yang tertangkap ini yang sering terlihat di atap masjid Desa Sukaraharja. Semoga yang lainnya juga bisa segera di evakuasi," imbuhnya.


Diberitakan sebelumnya, Warga Desa Sukaraharja Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dihebohkan dengan berkeliarannya tiga ekor monyet yang diduga merupakan Surili. Warga pada awalnya menduga monyet abu itu siluman.

Spesies primata endemik Jawa Barat yang hampir punah dan sempat dijadikan Maskot dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Itu sering terlihat di berkeliaran di sejumlah kampung di Desa Sukaraharja sejak dua bulan terakhir.

Simak Video "5 Mahasiswa Diadili dalam Kasus Polisi Terbakar Saat Amankan Demo"

[Gambas:Video 20detik]

(ern/ern)