Beredar Info Setiabudi-Lembang One Way Saat Imlek, Ini Penjelasan Polisi

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 15:11 WIB
Foto: Istimewa
Bandung Barat -

Beredar informasi lewat WhatsApp Group (WAG), saat libur Imlek 25 Januari mendatang, jalur Setiabudi-Lembang akan diberlakukan sistem satu arah (SSA).

Dari informasi tersebut, tertulis: "Untuk Sabtu Minggu ini mulai diberlakukan one way dari arah Lembang menuju Setiabudi, yang dari arah Bandung menuju Lembang semua lewat jalur Parongpong. Selamat bermacet-macetan netizen".

Saat dikonfirmasi, KBO Satlantas Polres Cimahi Iptu Duddy Iskandar mengatakan informasi tersebut tidak benar. Ia mengakui jalur wisata Lembang mendapatkan atensi nasional karena padatnya arus wisata.

"Tapi tidak benar informasinya seperti itu. Memang akan ada pengaturan arus lalulintas, tapi diterapkan sesuai dengan kondisi di kawasan wisatanya," kata Duddy saat dihubungi, Kamis (23/1/2020).

Ia mengatakan one war memang kerap dilakukan, namun sifatnya situasional. Itu pun hanya berlangsung beberapa saat saja, sampai simpul kemacetan teratasi.

"Jadi nanti diukur dari ekor kendaraan. Kalau yang ke arah lembang, ekornya sudah berhenti dari Setiabudi akan disiapkan penarikan one way ke arah Lembang. Di Grand Hotel akan dipenggal dan di Panorama juga dilakukan hal yang sama," ucapnya.

"Kalau yang dari Lembang menuju Setiabudi juga stuck, nanti akan dibelokkan ke arah Kolonel Masturi. Jadi CB itu tidak berbeda dengan yang selalu diterapkan Satlantas Polres Cimahi dalam setiap liburan," kata Duddy melanjutkan.

Menjelang perayaan Imlek Sabtu nanti, pihaknya memprediksi akan ada peningkatan volume kendaraan menuju kawasan wisata Lembang.

"Biasanya akan ada peningkatan, tapi pada pagi hari saja. Seperti yang sudah-sudah, simpul kemacetannya di Farm House dan The Great Asia Africa. Sementara saat siang akan kembali normal, karena kebanyakan sudah turun ke arah Kota Bandung lagi," katanya.

Simak Juga Video "Kreasi Nail Art Bertema Imlek Diburu Pelanggan"

[Gambas:Video 20detik]

(ern/ern)