Unak Anik Jabar

Penampakan Mahkota Galuh Haur Kuning, Berlapis Emas?

Dadang Hermansyah - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 22:39 WIB
Mahkota Galuh Haur Kuning (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Kerajaan Galuh sebuah kerajaan besar pada masa lalu. Peninggalannya banyak tersimpan hingga kini. Salah satunya mahkota yang digunakan oleh Raja Galuh.

Museum Galuh Imbanagara di Ciamis, Jawa Barat, menyimpan mahkota tersebut. Koleksi andalan ini bernama Mahkota Raja Galuh Pangauban Prabu Haur Kuning.

Pengelola Museum Galuh Imbanagara yang juga budayawan Ciamis, Rd Ilham Purwa menjelaskan, mahkota ini digunakan oleh Raja Galuh Pangauban Prabu Haur Kuning yang kemudian diturunkan kepada penerusnya secara turun temurun.

Mahkota ini dulu biasa digunakan untuk pelantikan raja.Rd Ilham Purwa

Menurut Ilham, mahkota ini dominan terbuat dari kuningan, konon juga dilapis dengan emas. Namun tak disebutkan berapa karat emas yang melapisinya. Berat mahkota tersebut lebih dari satu kilogram.

Mahkota disimpan dan dikunci di dalam lemari khusus depan pintu masuk museum. Setiap ada kegiatan kebudayaan seperti kirab pusaka galuh tingkat kabupaten, mahkota tersebut kerap dipamerkan dan menjadi tontonan.

"Mahkota ini dulu biasa digunakan untuk pelantikan raja. Setelahnya kerajaan dari Keadipatian dan Kabupaten Galuh, mahkota ini biasa digunakan saat pelantikan pimpinan daerah," ujar Ilham.