Pipa Saluran Air Warga Bandung Barat Terputus Diterjang Longsor

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 16:50 WIB
Foto: Saluran air warga di Bandung Barat terputus diterjang longsor (Yudha Maulana/detikcom)
Bandung Barat -

Longsor dari tebing setinggi 70 meter menerjang pipa saluran air warga di Kampung Daun, Komplek Trinity, Desa Cigugurgirang, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Selasa (21/1/2020).

Akibatnya, pipa saluran air sepanjang 30 meter putus dan berdampak pada dua ribu kepala keluarga yang berada di 7 RW yang berada Desa Cigugurgirang, Kecamatan Parongpong.

"Ribuan kepala keluarga tak bisa mendapatkan air bersih," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB Duddy Prabowo, Rabu (22/1/2020).

Duddy mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengupayakan perbaikan saluran air dan irigasi tersebut. Pengembang perumahan Trinity akan bertanggung jawab dan telah menyiagakan alat berat untuk mengangkut material longsor.

"Longsor ini terjadi karena intensitas hujan yang cukup tinggi. Kontur tanahnya juga labil dengan sudut kemiringan yang curam, makanya batu dan pasir jatuh dan menimpa saluran air masyarakat," ucap Duddy.

Kejadian ini, kata Duddy, merupakan kali yang kedua setelah pada Senin (20/1/2020) juga sempat terjadi longsoran kecil di area kompleks mewah tersebut. Longsor juga membuat kerusakan kecil di rumah ibadah yang berada di lokasi kejadian.

"Langkah selanjutnya kami akan melakukan kajian geologi atas aktivitas pergerakan tanah yg terjadi," ucapnya.

Simak Juga Video "Rumah Geser ke Tengah Jalan karena Longsor di Sijunjung Sumbar"

[Gambas:Video 20detik]

(mso/mso)