Jalan Menuju Pemkab Bandung Barat Ambles, Bupati Aa: Akan Diperbaiki

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 12:52 WIB
Jalan ambles di Kabupaten Bandung Barat (Yudha Maulana/detikcom)
Bandung Barat -

Jembatan irigasi di Kampung Sukamaju, Desa Cilame, Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), ambles pada Selasa (21/1/2020) sore. Diduga, pengikisan tanah akibat banjir bandang beberapa waktu lalu menjadi penyebabnya.

Anwar (34), warga sekitar, mengatakan amblesnya jalan tersebut terjadi pada Selasa (21/1/2020) sekitar pukul 16.00 WIB. Sebelum kejadian, memang sudah tampak retakan di pinggir bahu jembatan.


"Kemudian melintas mobil minibus. Setelah bus lewat, baru jalannya ambles. Alhamdulillah tak ada korban atau kendaraan yang melintas," kata Anwar saat ditemui detikcom, Rabu (22/1/2020).

Pantauan detikcom, jalan tersebut ambles sepanjang 4 meter dengan lebar 5 meter. Sementara itu, tinggi jalan yang ambles dengan sungai yang berada di bawahnya sekitar 3 meter.

Akibatnya, jalan kabupaten yang menghubungkan Desa Cilame dengan Desa Mekarsari itu tak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat. Jalan tersebut juga kerap dilewati warga bila hendak menuju kantor Pemkab Bandung Barat.

"Makanya kemarin warga membuat jalan sementara untuk sepeda motor. Untuk mobil diminta memutar dulu sekitar 3 kilometer," kata Anwar.


Bupati Bandung Barat Aa Umbara mengatakan saat ini pihaknya telah menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) KBB untuk membenahi jalan tersebut.

"Nanti saya akan lihat ke sana, kami akan melakukan rapat untuk menyelesaikan hal ini," ujar Aa Umbara saat ditemui di Ngamprah.



Simak Juga Video "Tanah Bergerak di Jalur Riau-Sumbar: Rumah-rumah Ambles, Jalan Retak"

[Gambas:Video 20detik]

(mso/mso)