Apa Alasan Sejoli Muda Umpat dan Hina Polantas Purwakarta?

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 11:45 WIB
Foto: Tangkapan layar video viral
Bandung - Sejoli muda mengumpat anggota Polisi Lalu Lintas (Polantas) Purwakarta. Apa alasan sejoli itu mengumpat dan menghina Polantas serta merekamnya?

"Masih kami selidiki alasan dia itu," ucap Kapolres Purwakarta AKBP Matrius saat ditemui di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Rabu (22/1/2020).

Dalam video yang viral di media sosial, tersirat sejoli itu mengumpat dengan kata-kata kasar tidak senonoh gegara kemacetan. Matrius mengatakan pihaknya masih menelusuri kondisi lalu lintas saat video itu diambil pada Senin (20/1).

"Itu sedang kami dalami. Yang jelas, anggota saat itu bertugas justru sedang melakukan pekerjaan mengambil dengan baik dan ada di tengah jalan mengatur. Namun perkembangan masih didalami," tuturnya.



Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Zanuar C Wibowo menambahkan anggota Polantas yang dihina itu tengah mengatur arus lalu lintas di simpang tiga Cikopo. Kondisi di area itu, sambung Zanuar, memang kerap terjadi kepadatan.

"Kondisi lalu lintas tiap sore dari arah Cikopo ke Mutiara Jomin selalu terjadi kemacetan, karena apabila mengikuti traffic light tidak akan efektif, anggota melaksanakan pengaturan manual langsung di jalan," kata Zanuar via pesan singkat.

Sebelumnya, pengendara roda empat kedapatan mengumpat anggota Polantas di Purwakarta. Polisi turun tangan menyelidikinya.

Video itu viral di media sosial (medsos) sejak kemarin, Selasa (21/1/2020). Dalam video berdurasi singkat, terlihat ada pengendara lelaki yang terekam kamera tengah mengendarai mobil. Selain pria, ada suara wanita yang wajahnya tak terekam kamera.



Dalam video itu, tampak pengendara mengumpat anggota Polantas yang tengah mengatur jalan. Diketahui, lokasinya di Kabupaten Purwakarta.

Selain pria tersebut, terdengar umpatan dari seorang wanita. Wanita diduga duduk disamping pengendara sambil merekam pria pengendara. Keduanya mengumpat dengan kata-kata kasar tak patut.

"Bilang apa ana yang ngatur. Tapi kan ijo loh, Pak," kata pria dalam video yang dilihat detikcom pada Rabu (22/1/2020).

Suara wanita menimpali. Dia langsung mengumpat dengan kata kasar.

"Si an****. Orangnya itu tuh ditutupin mukanya. Emang ba** emang ba**," kata perempuan sambil mengarahkan kamera ke arah depan tempat Polantas mengatur jalan.

"**********, hajar, hajar, hajar bang**. Udah tahu lampu ijo, mana yang ngatur," kata pria pengendara diakhiri tawa keduanya. (dir/ern)