Polisi Amankan 26 Pelaku Curanmor di Cianjur, Enam di Antaranya Residivis

Ismet Selamet - detikNews
Selasa, 21 Jan 2020 17:48 WIB
Polres Cianjur mengamankan puluhan pelaku curanmor. (Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur - Polres Cianjur berhasil mengamankan 26 pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Enam di antaranya merupakan residivis dengan kasus yang sama.

Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Priyanto mengatakan penangkapan puluhan pelaku curanmor itu berdasarkan hasil pengungkapan selama periode 1-20 Januari 2020 dengan lokasi kejadian di sejumlah wilayah di Cianjur.

"TKP-nya tersebar, mulai perkotaan hingga wilayah selatan Cianjur. Mereka ini terdiri atas beberapa kelompok berbeda. Bahkan ada juga yang jaringan Jakarta dan Lampung," ujar Juang dalam gelar perkara di halaman Mapolres Cianjur, Selasa (21/1/2020).


Menurutnya, ada enam tersangka yang merupakan residivis dengan kasus serupa. Bahkan salah satu pelaku, yakni Unang alias Codet, sudah tiga kali keluar-masuk penjara dengan belasan kasus pencurian sepeda motor.

"Total ada enam yang residivis, yang sudah beberapa kali masuk penjara dengan kasus yang sama," kata dia.

Juang mengatakan para pelaku dijerat dengan Pasal 365, Pasal 363, Pasal 55, Pasal 56, Pasal 480, dan Pasal 481 KUHP.

"Kami akan maksimalkan di masa hukuman, supaya ada efek jera para pelaku, terutama yang residivis," kata dia.

Selain menangkap para pelaku, Polres Cianjur mengamankan barang bukti berupa 36 unit sepeda motor dan 1 unit mobil. Bukan hanya itu, belasan alat yang digunakan pelaku untuk melakukan aksinya hingga senjata tajam untuk menakuti para korban juga dijadikan barang bukti.


Rencananya, barang bukti akan dikembalikan kepada pemiliknya. Warga yang merasa kehilangan pun diimbau datang ke Polres Cianjur dengan membawa surat bukti kepemilikan kendaraan.

"Silakan datang langsung ke Polres Cianjur. Nanti akan dicek kelengkapan surat kendaraannya. Kalau sesuai, langsung kami serahkan. Terpenting saat ini bagi kami, tidak hanya menangkap para pelaku, tapi juga mengembalikan kendaraan yang hilang kepada pemiliknya," ujarnya. (mso/mso)