'Gentong' Raksasa di Indramayu Diduga Wadah BBM Era Kolonial

Sudirman Wamad - detikNews
Selasa, 21 Jan 2020 17:32 WIB
'Gentong' raksasa di Indramayu yang awalnya tertimbun tanah. (Foto: dok. TACB Indramayu)
Indramayu - Masyarakat Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, digemparkan adanya penemuan bangunan berbentuk gentong raksasa. Benda tersebut ditemukan di eks kantor Pegadaian Losarang, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu.

'Gentong' raksasa itu memiliki ketinggian lebih dari 5 meter. Diameternya mencapai 2 meter. Bahan dasarnya terbuat dari batu merah.


Ketua Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Indramayu Dedy S Musashi mengaku tengah berkoordinasi dengan Balai Arkeologi (Balar) Bandung dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten terkait penemuan tersebut. Pihaknya telah membuat pagar untuk mengamankan penemuan tersebut.

"Sudah kami pagari. Ini harus ada penelitian lanjutan. Jadi kami masih melakukan konsultasi ke Balar Bandung dan BPCB Banten," katanya saat dihubungi detikcom, Selasa (21/1/2020).

Dedy menyebutkan, menurut masyarakat sekitar, gentong tersebut difungsikan sebagai wadah bahan bakar minyak (BBM) pada era kolonial. Namun Dedy mengaku tidak menemukan bukti-bukti terkait penggunaan gentong tua itu sebagai tempat penyimpanan BBM.

"Kata masyarakat sekitar, sebagai penyimpanan BBM. Tapi tidak ada ceceran (BBM) atau sebagainya. Ya mungkin sudah dirusak. Kita perlu penelitian lanjutan," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2