Perbaiki Wisata Garut, Bupati Rudy Bentuk Tim Khusus

Hakim Ghani - detikNews
Selasa, 21 Jan 2020 10:01 WIB
Foto: Bupati Garut Rudy Gunawan (Hakim Ghani/detikcom)
Garut - Bupati Garut Rudy Gunawan bentuk tim khusus pariwisata. Tim itu dibentuk untuk menangani masalah-masalah pariwisata yang ada di Kabupaten Garut.

"Tim ini kita bentuk untuk memantau kawasan wisata yang ada di Garut," ujar Rudy kepada wartawan di kantornya, Jalan Pembangunan, Tarogong Kidul, Selasa (21/1/2020).


Seperti diketahui, Kabupaten Garut kaya akan destinasi wisata. Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jabar, tahun 2018 Garut punya 204 daya tarik wisata yang terdiri dari 102 wisata alam, 35 wisata budaya, dan 67 wisata buatan.

Berbanding lurus dengan banyaknya tempat wisata, segudang permasalahan terkait wisata juga kini tengah dihadapi Pemda. Banyak permasalahan yang terjadi di tempat wisata seperti pungli dengan berbagai modus hingga tempat wisata menarik namun belum sesuai standar.

"Masalah ini jadi perhatian kami. Bahkan untuk (pungli) mobil, saya bersama wakil bupati, Pak Dandim, Pak Kapolres sudah kami bahas," kata Rudy.

Rudy menjelaskan, tim Badan Promosi Wisata Daerah (BPWD) nantinya akan memantau berbagai permasalahan yang terjadi di tempat wisata. Tim akan melaporkan setap permasalahan yang terjadi untuk kemudian ditangani Pemkab.

Rudy berharap tim ini dapat bergerak memantau wisata hingga ke desa-desa. "Kalau perlu mereka turut serta menjadi bagian dalam Musrenbangdes," ucap Rudy.

Ada sekitar 30 anggota yang dimiliki tim ini, mereka berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari wartawan, pengusaha, hingga ahli IT.


Rudy menambahkan, selain untuk memperbaiki keadaan pariwisata di Garut, tim ini juga dibentuk untuk mempromosikan wisata khususnya wisata yang belum dimaksimalkan.

"Kami juga sebelumnya sudah berupaya untuk membuat tempat wisata lebih nyaman, seperti memperbaiki sarana dan fasilitas. Intinya kami ingin bagaimana wisatawan nyaman berkunjung ke Garut. Jangan sampai kapok dan tidak mau kembali lagi. Kami ingin Garut benar-benar mendapat tempat di hati wisatawan," ujarnya. (mso/mso)