Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Truk Tangki di SPBU Kota Banjar

Faizal Amiruddin - detikNews
Senin, 20 Jan 2020 19:15 WIB
Mobil tangki BBM terbakar. (Foto: istimewa)
Banjar - Polisi menyelidiki insiden kebakaran mobil tangki BBM di SPBU Batulawang, Kota Banjar, Jawa Barat. Polisi memeriksa sejumlah saksi untuk mengetahui penyebab api melalap mobil tersebut.

"Untuk penyebab kejadian kebakaran tersebut masih dalam penyelidikan. Menurut keterangan sopir kejadian saat sedang curah BBM, kita beri kesempatan kepada ahli dari pihak Pertamina untuk bekerja, setelah itu unit identifikasi Satreskrim melaksanakan olah TKP," kata Kapolres Kota Banjar AKBP Yulian Perdana, Senin (20/1/2020).


Kejadian tersebut berlangsung sekitar pukul 15.00 WIB tadi. Kebakaran terjadi pada saat truk tangki bernopol E-9074-YB tengah melakukan curah atau mengisi bahan bakar minyak jenis Pertalite ke dalam tangki tanam. Tiba-tiba percikan api muncul, lalu terjadi musibah kebakaran.

"Ya, kami melaksanakan pengamanan di perimeter atau sekitaran TKP, anggota kami sebar, baik di lokasi maupun melaksanakan pengaturan arus lalu lintas," kata Yulian.

Api yang berkobar hebat menimbulkan kepanikan luar biasa. Karyawan SPBU beringsut menyelamatkan diri. Warga sekitar SPBU pun berhamburan keluar rumah dan menjauh dari lokasi karena khawatir api melebar.


Salah seorang pegawai SPBU Batulawang, Roni Saban mengatakan dirinya pertama kali melihat api dari selang BBM yang berada di bawah truk tangki. Saat itu dia dan petugas yang melaksanakan curah BBM, berusaha memadamkan api dengan alat pemadam api ringan.

"Waktu itu memang sedang mau curah. Saya sedang mengisi, ketika menengok ke belakang ada api di selang kolong truk tangki," kata Roni.




Tonton juga video Video Momen SPBU di jalan Daan Mogot Terbakar:

[Gambas:Video 20detik]

(bbn/bbn)