Soal Sunda Empire dan Kesultanan Selacau, Ini Kata Wagub Jabar Uu

Deden Rahadian - detikNews
Senin, 20 Jan 2020 15:02 WIB
Foto: Dony Indra Ramadhan
Tasikmalaya - Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum menilai kemunculan Sunda Empire di Bandung dan Kesultanan Selacau atau selaco di Kabupaten Tasikmalaya, tidak perlu dibesar-besarkan.

Uu sapaan akrabnya memastikan Sunda Empire di Bandung, sudah tidak aktif lagi. Terakhir, komunitas ini sudah melakukan perjanjian dengan Kepolisian dan TNI tidak akan melakukan aktivitasnya lagi.

"Sudah tidak ada aktivitas lagi, itu kan kejadiannya tahun lalu. Sudah ada MoU dengan polisi dan TNI," ujar Uu di kediaman Pribadinya, Manonjaya, Tasikmalaya, Minggu (19/1/2020) malam.

Sementara itu, Kesultanan Selacau di Kabupaten Tasikmalaya, Diketahui berdiri sejak tahun 2004. Selama ini pergeragakanya lebih banyak menyangkut budaya.

Selain tidak meresahkan, kesultanan Selacau atau selaco masih akui bagian NKRI dengan Pancasila dan undang undang dasar 45 sebagai dasar negara serta Bineka Tunggal Ika. Sepanjang berdiri Kesultanan Selacau atau selaco tidak meresahkan dan merugikan masyarakat.

"Jadi tidak meresahkan sepanjang yang saya tahu, belum ada kerugian jiga di masyarakat", tambah UU.

Lebih jauh, UU meminta agar masyarakat Jawa Barat tidak resah dengan kejadian ini. Masyarakat tidak terbawa arus kepada sesuatu yang tidak pasti.

"Jangan resah, tetap aktivitas yang penting jangan terbawa arus tidak benar," pungkas Uu.


Tonton juga Petinggi Sunda Empire Ngaku Bisa Hentikan Nuklir :

[Gambas:Video 20detik]

(ern/ern)