Mengerikan! Cerita Warga Saat Bus Terguling di Ciater Subang

Yudha Maulana - detikNews
Minggu, 19 Jan 2020 12:08 WIB
Bus terguling di Ciater Subang. (Foto: Denny)
Subang - Anjas Sandi Priyanto (20), pemilik kedai kopi di Kampung Nagrog, Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, mendengar suara ledakan beberapa detik sebelum bus pariwisata Purnama Sari terguling pada Sabtu (18/1), sekitar pukul 17.00 WIB.

"Saya mendengar suara ledakan seperti ban pecah. Saya lihat bus yang datang dari arah atas sepertinya sudah lolos rem dan hilang kontrol," ujar Anjas saat ditemui detikcom, Minggu (19/1/2020).


Kemudian, ia melihat bus terguling dan jatuh terseret hingga menabrak tiang listrik, hanya beberapa belas meter dari kedai kopinya. "Mengerikan sekali, karena saya khawatir ada tiga anak kecil yang berada di sana," kata Anjas.

"Saya kira tidak ada penumpang awalnya, karena saya tidak mendengar suara teriakan," ucap Anjas melanjutkan.

Lokasi bus terguling di Ciater Subang.Lokasi bus terguling di Ciater Subang yang menewaskan delapan orang wistawan asal Depok. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Warga pun sontak segera berlari untuk membantu evakuasi korban yang terjebak di dalam bus bernopol E-7508-W tersebut. "Saya sama warga lain membantu mengeluarkan penumpang, kondisinya mengerikan sekali, banyak darah," tutur Anjas.


Setelah 10 menit dari kecelakaan, petugas dari Polres Subang tiba di lokasi kejadian. "Proses evakuasi berlangsung sampai pukul 8-an," katanya.

Sebelumnya, bus pariwisata yang mengangkut 59 wisatawan dari Tangkuban Perahu menuju Depok terguling di Tanjakan Palasari. Dilaporkan 8 orang meninggal dunia, 10 luka berat dan 20 lainnya mengalami luka ringan.

Polisi pun sudah melakukan olah TKP dan mencari penyebab kecelakaan maut tersebut dengan menggunakan teknologi 3D laser system dan drone.


Simak Video "Bus Pariwisata Terguling di Ciater Subang, 6 Orang Tewas"

[Gambas:Video 20detik]

(bbn/bbn)